Peresmian Taman Makam Bupati Jhon Piet Wanane

10 Jan 2023 admin

Peresmian Taman Makam Bupati Jhon Piet Wanane
======================================
Bertempat di Kediaman Lama Bupati Sorong, PJ Bupati Sorong Yan Piet Moso S.Sos.,M.M menghadiri sekaligus meresmikan Taman Makan Bupati Sorong Jhon Piet Wanane S.E Periode 1997-2002 dan 2002-2007.
Dalam Sambutannya PJ Bupati Sorong menyampaikan selamat baku dapa kembali diTaman Makam orang tua kita, Almarhum Bapak JP Wanane.
Mendiang orang tua kita Almarhum J.P Wanane yang sudah tiada, dan saat ini kita menyaksikan prosesi peresmian makam adalah sosok pemimpin orang Papua yang telah membuka tirai peradaban di wilayah kab Sorong tempo dulu. Dan beliaulah yang pertama menjadi Bupati dari sipil setelah sebelumnya dipimpin dari Angkatan.
Karyanya sampai hari ini masih kita kenangkan. Tentunya hadir dalam momentum ini anak-anak tercinta dari almarhum Bapak J.P Wanane.
Saya hari ini merasa suka cita karena telah lama tidak bertemu dengan anak saudara J.P Wanane, dan Tuhan bisa pertemukan kita diwaktu yang tepat ini.
Kehadiran kita hari ini menunjukkan bahwa sosok Almarhum J.P Wanane adalah pemimpin kita yang telah meletakkan pondasi dasar kepimpinan dan membantu tugas tugas kepemimpinan kan sorong.dan dari beliau lah muncul lah pemimpin hebat yaitu Stefanus malak dan Jhon Kamuru.
Banyak pemimpinan , tetapi siapa pemimpin siapa yang dapat melahirkan pemimpin yang kita cari. Dan ini untuk generasi Sorong raya dan khsusunya generasi tanah Malamoi dan juga suku-suku yang ada di Tanah Moi. Karena Kab Sorong adalah Kab Induk yang melahirkan Kab/Kota yang lain diwilayah Sorong Raya.
Hari ini kita telah menyaksikan peresmian makam dari orang tua terkasih kita, yang adalah Mantan Bupati II Periode, pada Tahun 1997-2002, dan 2002-2007.
Almarhum sering disebut sebagai Bapak Pembangunan, dimana pembangunan yang dilakukan beliau sejak dulu sampai sekarang, sehingga kita dapat menikmati dan melanjutkan pembangun yg sudah diletakkan beliau.
Ini merupakan monumen yang dibuat, untuk menghormati dan mengenang jasa baik dalam masa kepemimpinan beliau. Saya selaku PJ Bupati Sorong dan juga Mantan Bupati Stefanus Malak dan juga Mantan Bupati Bapak Johny Kamuru dan semua hari ini sangat mendukung dan memberikan apresiasi pembangunan makan. Dan lebih meningkatan ini dalam rumah sejarah bagi kabupaten lainnya, karena dari sini untuk mengingat wajah pembangunan kota.
Dan tempat ini akan menjadi taman tempat hiburan kota Sorong dan juga Prov Papua barat daya.
Pembangunan dan peresmian ini adalah wujud dan terima kasih dari Pemda kab Sorong dan juga anak anak yang telah dilahirkan dari masa kepemimpinan beliau, sebagai gambaran dan kepedulian beliau yang tinggi tetapi juga sebagai dasar yang beliau letakkan.
Pemda kab Sorong dan juga keluarga besar J.P Wanane serta keluarga besar Maybrat menyampaikan terima kasih kepada Bapak Mantan Bupati Jhony Kamuru, karya yang telah kita saksikan dan prosesi ini tidak terlepas dari komitmen beliau selaku Bupati periode 2017-2022 untuk menghormati, menghargai sosok J.P Wanane adalah sosok pemimpin yang meletakkan dasar bagi kami pemimpin yang sekarang ini.
Berbicara tempat ini, ceritanya cukup panjang dan juga sejarah yang panjang.
Pada kesempatan ini jga saya sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada kepala Dinas Pekerjaan Umum dan seluruh jajarannya yang telah ikut mendukung arahan dari bapak Jhony Kamuru selaku mantan Bupati Sorong yang telah melaksanakan pembangunan taman makam ini, yang hari ini kita bisa resmikan bersama.
Taman makam ini kita resmikan namun belum selesai, karena ada bagian-bagian yang harus kita kerjakan, karena harus ada ornamen-ornamen untuk mempercantik, karena ini sebagai museum bersejarah.
Kita akan membangun lokasi ini untuk kepentingan kepentingan lainnya, akan tetapi kita harus melihat rumah bagi keluarga almarhum J.P Wanane.
Kami juga akan rapat bersama keluarga dan kami akan putuskan masalah tempat dan lokasi Tanah, sehingga keluarga merasa damai dan sejahtera.
Jangan kita cepat melupakan apa yang pernah kita jumpa, kepada kita dalam menyatakan kasih dan kebaikan kita, jangan kita cepat lupakan.
Mari kita sama sama menjaga taman makam ini, dan kepada kadis PU lampu lampu taman dan bunga harus ditanam, lampu pagar harus dibikin, foto beliau harus di taruh di makam, dan tahun ini akan kami buat masterplan.
Apa yg dilakukan hari ini, yang dilakukan oleh Bapak Malak dan Bapak Jhony Kamuru ini merupakan bagian dalam memperkokoh kader-kader, karena kita tidak boleh lupa dari nilai sejarah dari leluhur kita, dan juga kedepan buat anak cucu kita tau bahwa taman makam ini adalah Taman Makam tokoh pembangunan di kab sorong. Momentum ini diharapkan agar terus membangun rasa kecintaan kita kepada leluhur, dan kedepan kepemimpinan pemerintahan kab Sorong agar lebih baik.
Pembangunan Taman Makam ini Semua tentunya tidak terlepas dari kepemimpinan Kaka Jhony Kamuru, Mantan Bupati Sorong Periode 2017-2022.
Disamping itu Ketua Panitia Pembangunan Taman Makan Kepala Dinas PU Kab Sorong Heri Zet menyampaikan bahwa kami dari Dinas PU Kab Sorong selaku pelaksana kegiatan pembangunan ini melaporkan bahwa biaya yang digunakan yaitu sebesar Rp.846.000.000 yang bersumber dari Dana Silva DBH Tahun Anggaran 2022, dan pengerjaan nya dimulai pada tanggal 20 Mei 2022 sampai pada 20 Desember 2022, dan yang mengerjakan pembangunan Taman Makam ini adalah CV. Konstruksi karya Papua.
Luas lahan Taman Makam yaitu 17x 20 M2, dan seluas 340 M2. Sedangkan makam 6x6 M2. Dengan menggunakan konstruksi beton dan ornamen yang ada dan masa pelaksanaan nya berjalan lancar dan untuk itu kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam pelaksanaan pekerjaan ini terutama keluarga besar Jhon Piet Wanane dalam membantu kami dalam mengerjakan ini sebagai pekerjaan Pemerintah.
Terima kasih juga kepada Bapak Jhony Kamuru, selaku Bupati Sorong Periode 2017-2022 yang mana telah menginisiasi, menginspirasi telah memasukkan kegiatan pembangunan ini dalam pengerjaannya dalam Pemda kab Sorong dimasa kepemimpinan beliau.
Terima kasih juga PJ Bupati Sorong Yan Piet Moso yang telah memberikan dukungan kepada kami baik secara moril, dukungan dalam berbagai saran-saran kepada kami didalam penyelesaian nya pembangunan Taman Makam ini.
Kiranya pembangunan makam ini dapat memberikan manfaat bagi orang banyak dan juga bagi keluarga Almarhum Bapak J.P Wanane.
Mewakili Keluarga J P Wanane, Bapak Jhony Kamuru Mantan Bupati Periode 2017-2022 menyampaikan Terima kasih kepada Tuhan, karena begitu luar biasa karena rencana yang indah, karena sebelum beliau mengakhiri masa jabatannya selaku Bupati, atas hikmat dan rencana Tuhan yang besar kita bisa membangun Taman Makam bagi almarhum Bapak J.P Waname.
Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada PJ Bupati Sorong atas rencana semua yang indah. Kita mengurus ini betul-betul berjuang, mulai dari BPK hingga KPK.
Seluruh aset telah kita serahkan, akan tetapi aset ini kita pertahankan. "Kalau kita makan buah sekarang, jangan kita lupa siapa yang menanamnya" Tegas beliau.
Beberapa hal penting yang keluarga titip untuk saya sampaikan, telah disampaikan oleh bapak PJ Bupati, dan saya pikir bapak PJ Bupati akan melakukan hal besar lainnya.
Sebagai anak MOI saya bersyukur dan perlu sampaikan kepada keluarga MOI yang ada , pada saat J.P Wanane maju sebagai Bupati, dan pada saat itu siapapun pasangan nya pasti terpilih, karena almarhum mempunyai hati yang luar biasa dan begitu tulusnya.
Masyarakat yang ada, satunya aset yang kita pertahankan yaitu aset ini Kediaman Bupati.
Terima kasih kepada kadis PU Kab Sorong yang sangat luar biasa. Berkali-kali saya sampaikan harus loyal kepada pimpinan atasan. Karena jabatan itu hanya punya Tuhan. Politik itu rahasia Tuhan, yang penting kita menjadi yang terbaik bagi Tuhan dan siapa saja.
Keluarga juga meminta terkait surat- surat dengan BPK dan KPK agar bisa di copy untuk menjadi pegangan keluarga Almarhum J. P Wanane.
Hadir dalam kegiatan ini, Asisten 1 Papua Barat Daya, PJ Bupati Sorong, Pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sorong, Staf Ahli Walikota Sorong, Mantan Bupati Sorong Jhony Kamuru, Mantan Sekda Kab Sorong Alberto Solossa(Selaku Kepala Suku Maybrat), Ketua Klasis GKI Sorong, keluarga Besar dari Almarhum Bapak JhonPiet Wanane.(BY)