">

Peringati Hari Ikan Nasional Ke IX Tahun, Dinas Perikanan adakan Pasar Ikan Murah

29 Nov 2022 admin

 
Bertempat di Pendopo Alun-alun Aimas, Asisten III Kepas Kalasuat S.Pd.,M.pd mewakili PJ Bupati Sorong Yan Piet Moso S.Sos.,M.Si membuka kegiatan gerakan makan ikan(Gemarikan) dan pasar ikan murah, program pengolahan dan pemasaran hasil perikanan tahun 2022. Selasa 29/11/2022
Dalam sambutannya beliau menyampaikan
 
Hari ini kita lakukan gemar makan ikan bersama sekaligus menyongsong hari ulang Tahun Ikan Nasional yang ke IX.
Semakin banyak kita makan ikan, maka semakin mencerdaskan kita semua. Untuk generasi emas dikab Sorong, untuk biasakan memakan ikan yang segar, karena dari ikan yang segar prestasi mereka akan lebih bagus dari sedini mungkin. Selamat Hari Ikan Nasional yang ke IX, "Terus kampanyekan serta edukasi penguatan makan ikan kepada masyarakat dan harus terus dilakukan secara intensif, masif dan menarik.
 
Sementara itu Kepala Dinas Perikanan Dra. Bekti Giri Wahyuni M.Si menyampaikan peringatan hari ikan Nasional setiap tanggal 21 nov berdasarkan no 3 tahun 2014 namun karena hal lain kegiatan ini baru dpat dilakukan pada hari ini 29 November yang dirangkai dengan kegiatan gemar makan ikan dan pasar ikan murah.
Hari ikan Nasional diperingati untuk mengingatkan kita semua bahwa negara kita negara kepulauan yang potensi ikannya melimpah. Dan ikan merupakan bahan pangan yang berkualitas tinggi proteinnya dan kami mengajak masyarakat untuk mendukung pangan nasional. Kebutuhan ikan di kab Sorong sebesar 50 Kg/Kapita dikab Sorong, dan tingkat konsumsi ikan yaitu 55,15 kg/kapita, artinya masyarakat kab Sorong rata-rata mengonsumsi ikan sebanyak 138 Gram perhari, yang mana setara dengan 1 ekor ikan jenis Oci.
 
Hari ini juga didalam rangka peringatan hari ikan Nasional kami mensosialisasikan masyarakat untuk gemar makan ikan yang ada dikab Sorong. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya makan ikan, karena mengandung protein tinggi dan asam lemak. Sehingga angka stunting dapat menurun dari 28.1 % menjadi 0% di Tahun 2024. Produk ikan segar yang disediakan pada pasar ikan ini adalah komunitas yang dijual dipasaran yaitu jenis ikan tuna 3,5 ton, Ikan campuran 3,7 ton, dan ikan lele sebanyak 2 ton.
 
Kegiatan ini juga akan kami laksanakan menjelang hari raya natal sekitar tanggal 6 Desember 2022, nanti akan kami informasikan selanjutnya.
Hadir dalam kegiatan ini Asisten III Kab Sorong, Kadis Perikanan Kab Sorong, Ketua DWP Kab Sorong, Kepala Distrik Aimas.(BY)