Sorong, InfoPublik – 30 mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Negeri Papua (UNIPA) berkampus dua di Kabupaten Sorong ikut mengambil janji kepaniteraan yang dilaksanakan dalam modul Foundation of Clinical Practice (FCP) pada akhir semester 8.

Pengambilan janji kepaniteraan ini dilakukan sebelum mahasiswa masuk ke  RS (rumah sakit) untuk belajar langsung ke pasien yang akan didampingi para dokter di RS (Bedsite Teaching).

“Tujuan  pengambilan janji ini agar mahasiswa dapat mengetahui kewajiban dan batasan-batasan yang harus mereka ketahui dan laksanakan selama proses pembelajaran di RS,”ujar Staf Ahli Bupati Sorong Bidang Sumber Daya Manusia, Wa Ode Likewati  kepada sejumlah awak media, Senin (05/08-2019) di Kampus FK Distrik Mariat.

Pngambilan janji kepaniteraan ini dilakukan dihadapan Dekan Fakultas Kedokteran Unipa Dr.dr.Siti Farida, M.Kes, PhD), Wakil dekan Bidang Akademik dr.Nurasi Lidya E. Marpaung, M.Biomed, Staf Ahli Bupati .SorongBidang SDM Dr.Wa Ode Likewati, SE, MM, para  FK Unipa dan FK UI, tenaga kependidikan, Asisten Pengampuan FKUI serta seluruh mahasiswa FK Unipa.

Rumah sakit yang digunakan dalam modul FCP ini,  yaitu RSUD Kabupaten Sorong selama sebulan, yang akan dimulai  5 Agustus 2019. Setelah 2 pekan pertama mendapatkan pengantar modul di kampus.

Modul FCP ini akan membantu mahasiswa mencapai area kompetensi: profesionalitas yang luhur, mawas diri dan pengembangan diri, komunikasi efektif, landasan Ilmiah Ilmu Kedokteran dan Keterampilan Klinis.

Setelah melewati modul ini diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan keterampilan penalaran klinik,kemampuan keterampilan klinis, Anamnesis dan pemeriksaan fisik umum pada pasien, pemahaman tentang pembelajaran tahap klinik dan Patient Safety atau pengetahuan dan keterampilan aspek keselamatan pasien. (Humas/MC Kab.Sorong/dkny/rim/eyv)