Sorong, InfoPublik – Aparat desa (kampung) diharapkan mampu memahami pedoman tata cara pengadaan barang dan jasa di wilayah kerjanya.

Demikian pernyataan itu disampaikan Staf Ahli Bupati Sorong Bidang Pembangunan Suroso, saat  membuka kegiatan pelatihan pengadaan barang dan jasa di desa, yang berlangsung di Vega Hotel Kota Sorong, Rabu (24/7/2019).

Kegiatan ini berupa sosialisasi Rancangan Perubahan Peraturan LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah) tentang Pedoman Tata Cara Pengadaan Barang dan Jasa di Desa.

“Dalam arahannya, Suroso menyampaikan bahwa selama ini pengadaan barang dan jasa hanya dilakukan oleh kalangan professional,  sehingga dengan kegiatan ini diharapkan  ada berbagai masukkan dari masyarakat, dengan harapan kebijakan yang di ambil dari pusat bisa disesuaikan dengan keadaan kita di kampung (desa),”pintanya.

Selain itu, ia berharap para peserta dapat mengikuti materi  dengan baik,  sehingga dapat menjalankan proses pengadaan barang dan jasa dengan menggunakan dana desa dengan baik, sesuai dengan peruntukkannya.

Sementaraitu, Direktur Pengembangan Strategi dan Kebijakan Khusus LKPP menyampaikan pelatihan ini dilaksanakan agar para aparat kampung dapat memahami cara menggunakan dana desa untuk melakukan pengadaan barang/jasa.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung Maklon Wally,  Perwakilan Kementerian Desa Tertinggal Weldone Wawengkang, Sekretaris Inspektorat Ade Bremantyo, Kabag Hukum Setda Loudwik Kalami, para peserta sosialisasi perwakilan aparat kampung yang ada di Kabupaten Sorong. (Humas/MC Kab. Sorong/bayu/rim/eyv)