Aimas, sorongkab.go.id –Asisten II Setda  Chris Tupamahu menghadiri monitoring evaluasi (Monev) pencegahan dan pengendalian malaria Program Pengembangan Masyarakat (PPM) kesehatan merupakan kerja sama Petrogas (Basin), Ltd, dengan Pemkab Sorong, berlangsung di Balai Kampung Maibo, Dsitrik Aimas, Selasa (29/9-2020).

Pengembangan masyarakat merupakan program yang disusun oleh perusahaan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, keadaan lingkungan, pendidikan, kesehatan,  dan kesejahteraan masyarakat. Terutama bagi masyarakat yang tinggal di sekitar lingkungan dimana kegiatan perusahaan itu berlangung, jelas Chris melalui sambutannya.

Menurutnya, perusahaan yang berada di Kabupaten Sorong merupakan mitra kerja pemerintah dalam menyukseskan visi dan misi pemerintah, tapi dengan cara perusahaan yang sudah terkonsep dengan baik.

Asisten II mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih atas perhatian dan kerjasama yang baik dari pihak pihak Petrogas (Basin), Ltd kepada masyarakat yang tinggal dekat dengan wilayah kerja perusahaan.

Program pengembangan masyarakat di bidang kesehatan,  yang dilakukan saat ini merupakan program yang sangat bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Sorong.

Hal tersebut, dalam upaya pencegahan malaria,  yang mana kita tahu bersama bahwa malaria adalah penyakit paling familiar di Papua umumnya, ujar Chris.

Tercatat keseluruhan kasus malaria tahun 2019 di Indonesia sebanyak 250.644, dengan kasus tertinggi yaitu Provinsi Papua,  posisi kedua adalah Papua Barat,  dan ketiga  Nusa Tenggara Timur.

Hal ini menjadi perhatian penting, sehingga paling tidak Kabupaten Sorong dapat menekan kasus penyakit malaria ini,  dan dapat menjadi daerah di Papua Barat yang minim kasus malaria meskipun kita adalah daerah endemis.

Chris  berharap melalui program Monev  ini agar setiap orang yang terlibat di dalamnya,  baik itu masyarakat, ASN,  maupun pihak Petrogas dapat melakukan yang terbaik, demi terwujudnya eliminasi malaria di tahun 2023.

Sementara itu,  Hektor Fonataba,  selaku Sr R&C Supv mengatakan,  mewakili manajemen K3S Petrogas Basin, Ltd KMT Sele, saya menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sorong dalam acara monitoring dan evaluasi ini.

Pada tahun 2019 program ini telah dilaksanakan pada 4 distrik, atas kerjasama SKK Migas Pamalu K3S Petrogas, dengan Pemda Kabupaten Sorong melalui Dinas Kesehatan.

Dan pada hari ini kami K3S Petrogas melaporkan kegiatan monitoring dan evaluasi pencegahan dan pengendalian malaria di Kampung Maibo, Distrik Aimas.

Tujuan kegiatan untuk mencegah penularan malaria,  karena kebiasaan nyamuk menggigit di luar rumah.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan pembagian kelambu kepada masyarakat secara massal guna fokus menuju eliminasi malaria tahun 2023 dan meminum obat Filariasis.

Hadir dalam kegiatan ini,  Kadis Kesehatan Kabupaten Sorong Lidia Kurniawan, Kepala Distrik Aimas Yuri, Kepala Puskesmas Malawili, Rnc Spv Petrogas (Basin), Ltd beserta staf, serta masyarakat Kampung Maibo. (Bag. Prokopim/by/kk/2020)