Sorong, InfoPublik – Badan Kesbangpol Papua Barat  melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sorong menggelar sosialisasi lintas umat beragama bagi pemuda dan pelajar, yang ada di wilayah ini, Selasa (20/8/2019) di Aimas.

Gubernur Papua Barat  diwakili Kepala Kesbangpol Adri B. Timba, SH,  mengatakan, perbedaan agama dan kepercayaan seringkali dijadikan alat pemecah persatuan dan kerukunan umat oleh kelompok-kelompok tertentu, atau bahkan untuk berhadapan dengan kebijakan pemerintah.

Hal ini dimungkinkan karena kelompok-kelompok tersebut sering juga dengan makna dan hakikat dari Binneka Tunggal Ika yang melekat pada lambang negara kita.

Dijelaskan, perbedaan agama dan kepercayaan seringkali dijadikan pemicu konflik horizontal maupun vertikal oleh kelompok-kelompok yang tidak bertanggung jawab.

“Kondisi ini sudah barang tentu mengusik kerukunan hidup antar umat beragama yang telah dibangun sejak lama,” ungkap Adri mengutip sambutan  Gubernur Papua Barat.

Untuk itu, terus menjamin berlangsungnya proses pembangunan guna mewujudkan masyarakat Papua Barat yang sejahtera lahir dan batin.

Suasana kondusif bagi berlangsungnya proses pembangunan mutlak diperlukan kondisi ini terwujud, jika kerukunan antar umat beragama tetap terjaga.

Oleh karena itu,  para pemuda generasi zaman kini memiliki tanggung jawab yang besar memikul beban yang wajib dipertahankan,  yakni menjadi penopang bagi pemerintah guna menjaga kerukunan umat beragama di daerah masing-masing.

Bersatu padu bersama tokoh agama dan pemuda agama guna meningkatkan serta mewujudkan peningkatan dan kesadaran umat beragama dalam mempererat persaudaraan sesama penganut umat beragama

Dalam kegiatan di lintas antar umat beragama bagi pemuda dan pelajar ini diharapkan peserta mampu mengikuti dengan baik agar dapat diterapkan di tengah masyarakat,  guna terciptanya kesamaan visi dan paradigma antara pemerintah.

“Mari kita membangun dengan hati mempersatukan dengan kasih menuju Papua Barat yang adil, sejahtera dan bermartabat,” ajak Gubernur Papua Barat. (MC Kab. Sorong/obed lapon/rim/toeb)