Aimas, sorongkab.go.id – Bupati  Johny Kamuru dan Wabup Sorong Suka Harjono menyerahkan sejumlah fasilitas dalam rangka mendukung kebersihan lingkungan.

Fasilitas tersebut antara lain, 5 unit sepeda motor roda 3 (Bentor), 6 kontainer sampah, dan satu unit mobil pengangkut sampah.

Setelah  merekrut pasukan kebersihan dan juga pemberian tempat sampah di setiap perumahan yang ada di wilayah Aimas pada 2019 lalu, maka di awal  2020 ini Pemerintah Kabupaten Sorong menambah sejumlah  fasilitas,  guna mendukung program kebersihan di Kabupaten Sorong.

“Wakil Bupati Suka Harjono, saat menyampaikan sambutannya mengatakan bahwa masalah persampahan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, tapi ini menjadi tugas dan tanggung jawab seluruh elemen masyarakat,” imbaunya.

Selain itu, diharapkan masyarakat turut memiliki andil untuk menanganinya.

Dengan adanya kontainer sampah ini diharapkan kesadaran masyarakat secara umum lebih tertib untuk membuang sampah pada tempatnya, harap Suka Harjono.

Sedangkan motor roda tiga (Bentor) gunanya untuk memuat sampah dari masyarakat menuju tempat pembuangan sementara,  dan setelah itu akan dibawa oleh kendaraan pengangkut sampah ke Tempat Pembuangan Akhir ( TPA ),  yang berlokasi di kilometer 36 yang ada di Kelurahan Mariat Gunung.

Ia juga berharap masyarakat turut serta mengawasi masalah sampah bersama –sama, terutama sampah non organik yang memiliki masa urai yang sangat panjang.

Imbasnya nanti  akan menimbulkan penumpukan,  jika tidak dapat dikendalikan dengan baik.

Sejum;ah fasilitas pendukung kebersihan lingkungan tersebut, diserahkan untuk Kelurahan Malawili, Malawele dan Malasom.

Diharapkan penempatannya harus sesuai dengan yang diharapkan atau disepakati bersama.

Dalam acara ini turut dihadiri pula  Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Hendrikus Momot, Kepala Distrik Aimas Yuri, Lurah Malawele, Lurah Malawili, dan Lurah Malasom. (kk/2020)