Bertempat di Halaman Gedung Perpustakaan Daerah Kabupaten, Bupati Sorong Dr. Johny Kamuru S.H.,M.Si meresmikan Gedung Perpustakaan Daerah Kabupaten.16/12/2021

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan ucapan terima kasih karena kegiatan ini bisa terlaksana dan perpustakaan ini merupakan hal yang luar biasa di Kab. Sorong karena di wilayah Provinsi Papua Barat, dan baru ada di Kab. Sorong yang dapat kegiatan pembangunan Perpustakaan, itu yang harus kita syukuri bersama.

Kita bersama sudah mempunyai komitmen yang baik untuk mencerdaskan generasi muda dan kebaikan bagi kita semua. Kedepan saya harapkan agar perpustakaan ini selalu di jaga untuk generasi kita ke depan. Dan gunakanlah sebagai tempat membaca untuk membuka jendela dunia dan meningkatkan kecerdasan anak generasi kita ke depan.
Sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak atas kerjasama dari semua yang tergabung dan mensukseskan pembengunan Perpustakaan Daerah Kab. Sorong.

Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kab Sorong Yoab Mayor S.H.,M.Si menyampaikan Perpustakaan Daerah Kabupaten Sorong dikerjakan dengan sumber dana alokasi khusus atau DAK fisik reguler bidang pendidikan sub bidang perpustakaan Tahun Anggaran 2021. Proses pelaksanaan pekerjaan pembangunan gedung layanan perpustakaan Kabupaten Sorong dapat diselesaikan dalam waktu 360 hari kalender kerja, yaitu mulai dari bulan Maret sampai dengan bulan November 2021 dan serah terima kunci gedung dilakukan pada tanggal 6 Desember 2021. Luas bangunan gedung layanan perpustakaan Kabupaten Sorong yang diresmikan pada hari ini memiliki luas bangunan 760 m² dengan dengan dua lantai.

Gedung layanan perpustakaan yang memiliki luas 760 m² dengan struktur bangunan 2 lantai sepenuhnya dimanfaatkan untuk aktivitas pelayanan bidang tugas yang dimaksud akan menjadi komitmen Pemerintah Pusat melalui Perpustakaan Nasional Republik Indonesia guna menghilangkan paradigma lama yang beranggapan bahwa perpustakaan hanyalah suatu tempat penyimpanan buku paradigma ini perlu ditinggalkan karena merupakan salah satu penyebab terjadinya kemiskinan informasi di kalangan masyarakat yang seharusnya hidup dinamis sesuai perkembangan zaman.

Perpustakaan berbasis inklusinasional yaitu salah satu upaya untuk meningkatkan fungsinya sebagai Wahana pendidikan penelitian informasi dan rekreasi bagi semua kalangan masyarakat sesuai kebutuhan.
Perpustakaan memenuhi kriteria untuk membangun sarana perpustakaan untuk Provinsi Papua Barat Kabupaten Sorong yang pertama kali. Dengan kesempatan ini kami melaporkan juga bahwa dengan pemanfaatan gedung baru sesuai peruntukannya khusus bidang perpustakaan maka aktivitas pelayanan yang selama ini berlangsung di gedung kantor lama dipindahkan ke gedung yang baru.

Sedangkan gedung yang lama masih tetap dimanfaatkan untuk menjalankan aktivitas- aktivitas pelayanan bidang tugas kearsipan dan sekaligus akan dijadikan Depo arsip untuk mengolah menyimpan dan melestarikan arsip-arsip statis di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sorong yang akan diakuisisi dinas perpustakaan dan kearsipan sebagai lembaga kearsipan daerah atau LKD

Terima kasih kepada Bapak Bupati dimana selama masa kepemimpinan telah memberikan dukungan, motivasi untuk membangun perpustakaan demi kepentingan daerah dalam memajukan dunia Pendidikan.
Dan kepada para kepala OPD terima kasih telah membantu kami dalam mengurus administrasi dalam membangun gedung ini perpustakaan ini.

Hadir dalam kegiatan ini Pimpinan OPD, Kapolsek, Ketua Bakal Klasis Malamoi, Pimpinan Perguruan Tinggi Wilayah Kab Sorong, para pimpinan BUmN dan BUMD di kab Sorong, Pimpinan Penerbit Airlangga, ketua Pimpinan DWP, Ibu Duta Baca Kab Sorong ibu Linda Kamuru(BY)