Sorong, InfoPublik – Bupati Sorong, Johny Kamuru mengucapkan selamat kepada perempuan yang ada di daerah ini terhadap peringatan Hari Kartini yang ke-140, yang sudah gigih dalam memperjuangkan hak-hak perempuan untuk bisa disejajarkan dengan kaum pria.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aimas, Rabu (24/4/2019), yang dilaksanakan  oleh Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Sorong.

Dijelaskan, posisi-posisi perempuan Indonesia masa kini sudah dapat setarakan oleh kaum laki-laki sesuai dengan tema peringatan Hari Kartini yang 140 tahun 2019,  yaitu Semangat Juang Kartini Masa Kini Menuju Ibu Bangsa yang Mandiri. Dalam peringatan Hari Kartini ini mengisyaratkan bahwa perjuangan Kartini dalam mengangkat harkat dan martabat perempuan telah berhasil, ucap Johny Kamuru.

Menurutnya, di mana menjadi perempuan Indonesia yang hebat bukan hanya berprofesi sebagai ibu rumah tangga, tapi bisa menjadi berbagai macam profesi dan bisa partisipasi langsung dalam memberikan warna kehidupan di dalam masyarakat dengan berbagai kegiatan sosial.

Pada zaman dahulu, kaum wanita memiliki derajat yang rendah dibandingkan kaum laki-laki. Wanita dipandang sebagai kaum yang lemah, dan juga dianggap sebagai pelayan para kaum pria. Oleh sebab itu, mereka selalu tertindas dan sering kali juga tidak pernah mendapatkan hak-haknya. Melihat kenyataan ini, R.A Kartini merasa prihatin. Hatinya tergugah untuk melakukan sesuatu dan menyelamatkan kaumnya dari ketidakadilan ini.

Atas dasar motivasi tersebut, RA Kartini  bersama teman-temannya mendirikan sebuah sekolah bagi para wanita yang pertama di Indonesia.

Ibu Kartini bersama temannya mengajarkan kaum wanita pada saat itu ilmu-ilmu yang bermanfaat, seperti berhitung, membaca, dan masih banyak lagi.

“Terkait dengan hal itu, saya atas nama Pemerintah Kabupaten Sorong memberikan apresiasi kepada para ibu dan organisasi wanita yang ada di wilayah  ini,  karena telah sukses dalam menyelenggarakan acara dalam rangka peringatan Hari Kartini ini,”jelasnya.

Untuk itu, saya berharap organisasi wanita yang ada di Kabupaten Sorong ini bisa selalu berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik agar bisa menciptakan kegiatan sosialisasi yang bermanfaat bagi masyarakat. (MC Kab. Sorong/obed lapon/rim/eyv) Infopublik