Aimas, sorongkab.go.id –  Ketua Satgas (satuan tugas) Covid-19 Kabupaten Sorong, diwakili  Koordinator Bidang Pelayanan Medis Ronney Kalesaran mengemukakan,  kehadiran Bupati Sorong mengadakan Turlap (turun lapangan)  ke wilayah Katapop Pantai, Distrik Salawati menindaklanjuti informasi adanya  orang asing (dari luar negeri) yang masuk di wilayah ini.

Ternyata,  setelah kita telusuri memang ada yang berkunjung seminggu di wilayah Katapop Pantai, dan mereka adalah warga sini  masyarakat lokal (Sorong) yang keluarganya dari Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Namun demikian,  mereka telah  kembali ke Batam sejak 17 Maret lalu, ujar Roney ke sejumlah awak media, yang ikut meliput kegiatan, Senin (24/3-2020).

Dengan kedtangan  orang tersebut meskipun sudah kembali ke Batam, maka pihak Puskesmas Salawati akan terus pantau berbagai perkembangan bagi warga kita yang di sini (Katapop Pantai).

Artinya,   bisa saja ada kemungkinan terjangkit, dengan   masa inkubasi selama 2 pekan terhitung sejak 17 Maret lalu, ketika orang tersebut pergi meninggalkan daerah ini, katanya.

Ronney mengaku memang sejak kemarin secara umum ada 12 ODP (orang dalam pemantauan), dimana dari jumlah itu ada satu orang berusia 4 tahun,  dan yang lainnya masih berusia belum dikategorikan lanjut usia, jelasnya.

Bahkan di antara mereka ada yang baru pulang dari luar daerah, yakni  wilayah Surabaya,  Jawa Timur dan Manado, Sulawesi Utara.

Jadi, bagi ke 12 ODP akan terus dipantau, dan mereka isolasi di rumah yang akan terus dipantau oleh tim medis dari Puskesmas setempat, jelas Roney, yang kesehariannya menjabat sebagai Kepala Puskesmas Mariat. (kk/2020)