Aimas, sorongkab.go.id – Bupati Sorong  Johny Kamuru menuturkan, apabila kita ingin generasi Papua bisa menjadi hebat manakala semuanya harus dipersiapkan sejak dini.

Demikian sambutan Bupati  Johny Kamuru, saat membuka sosialisasi tumbuh kembang anak, yang diselenggarakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kabupaten Sorong, berlangsung di Kampung Saluk, Distrik Wemak, Rabu (29/7-2020).

“Peran dan tugas orangtua akan sangat dominan berpengaruh langsung terhadap tumbuh kembang  anak itu sendiri,” tandas Bupati Sorong.

Begitu pula tidak terlepas dari peran dari para pendidik,  di saat anak mengikuti pelajaran di sekolah pada proses kegiatan belajar mengajar berlangsung.

Dan itu pun hanya beberapa jam saja. Selebihnya ada di tangan orangtuanya masing-masing, ingatnya.

“Lebih penting lagi, sambung orang nomor satu di Kabupaten Sorong, di mana mendidik anak harus dengan kasih serta hindarilah dengan perkataan yang kurang berkenan (caci maki), dan hal itu dengan tegas tidak boleh,”tegasnya.

Artinya, peran kita sebagai orangtua bagaimana bisa memotivasi agar si anak bisa bersosialisasi dengan baik, terutama di lingkungan internal keluarga itu sangat penting bagi tumbuh kembang mental anak.

Sebab, jika  hal itu kita lakukan dengan baik maka secara langsung akan mempengaruhi mental dan perilaku anak dalam pergaulan keseharian, baik dengan sesama anak di lingkungan sekitarnya maupun ketika berada di sekolah, ujar Bupati Johny Kamuru.

Apabila sejak usia dini kita mendidik anak dengan baik, jelasnya suatu saat dia akan menjadi orang yang hebat.

Untuk itu, saya berharap  mulai sekarang kita harus lebih mempersiapkan generasi muda  sebagai penerus astafet tongkat  kepemimpinan di masa yang akan datang, dengan berbekal pengetahuan dan keimanan yang kokoh,  imbau Johny Kamuru, dengan  penuh harap.

Acara ditandai dengan pemberian bahan kebutuhan makanan, berupa beras serta lainnya,  yang diserahkan secara simbolis dari Bupati Sorong kepada dua perwakilan anak. (Bag. Prokopim/rio/kk/2020)