Aimas, sorongkab.go.id – Gubernur Papua Barat  Dominggus Mandacan mengimbau kepada warga di wilayah pemerintahannya agar tidak perlu panik dalam menghadapi situasi merebaknya Virus Corona, yang akhir-akhir ini menjadi sorotan utama dari berbagai media massa di Tanah Air maupun menjadi bahan pembicaraan publik.

Sehingga hal ini patut kita selalu waspadai saja, ujarnya, saat meresmikan  kampus Fakultas Kedokteran Universitas Papua (Unipa) di Kabupaten Sorong,  Rabu (18/03-2020).

“Kita menghadapi virus tersebut, dengan cara tetap utamakan budaya hidup bersih, lingkungan yang sehat serta jangan merasa panik terlalu berlebihan,”pintanya.

Selain itu, dianjurkan kepada setiap warga untuk sementara tidak mengunjungi di berbagai pusat keramaian. Mending senantiasa selalu berada di lingkungan keluarganya masing-masing.

Pada kesempatan yang sama, orang nomor satu di Papua Barat memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Civitas Akademika Unipa bersama Pemkab Sorong atas dukungan dalam bidang pendidikan,  dengan membangun Fakultas Kedokteran.

Fakultas ini telah menerima 5 angkatan mahasiswa dalam  kurun waktu 6 tahun ini. Harapannya,  kampus ini terus berkembang ke depan, dan mendapatkan dukungan pemerintah maupun  masyarakat.

“Meski keberdaan kampus Fakultas Kedokteran Unipa ini merupakan perjuangan yang  cukup panjang, dan akhirnya membuahkan hasil menjadi kebanggan kita bersama,”ungkap Mandacan.

Kampus ini hadir semata-mata agar anak-anak kita tidak perlu kuliah jauh keluar daerah melainkan di Tanah Papua saja.

Mandacan berharap kampus ini diharapkan tidak kalah dengan kampus lain di Indonesia. Termasuk mahasiswanya harus bisa bersaing dalam meningkatkan mutu pendidikan yang digelutinya.

Turut hadir, Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Tornagogo Sihombing, Sekretaris Daerah Papua Barat Nathaniel Mandacan, Bupati Sorong Johny Kamuru, Rektor Unipa Yacob Manusaway, Dekan Fakultas Kedokteran Unipa,   para tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, para mahasiswa serta tamu undangan. (kk/2020)