Aimas, sorongkab.go.id – Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan  minta  Petro Gas dapat melakukan koordinasi dengan Pemkab Sorong dan Pemkab Raja Ampat dengan baik, serta tetap memperhatikan hak- hak masyarakat adat, aspek lingkungan, dan rekrutmen tenaga kerja mengutamakan berdayakan Orang Asli Papua (OAP).

Industri Migas di wilayah Kabupaten Sorong, khususnya di wilayah Distrik Salawati Selatan, dan Salawati Tengah, dan kini sebagian wilayah Raja Ampat (Blok Salawati) telah beroperasi sejak tahun 1991.

Sebagai tindak lanjut dari penandatangan Gross Split Wilayah Kerja Salawati Kepala Burung antara Pemerintah RI dan RH Petrogas Ltd, dimana  pada 11 Juli 2018 dilaksanakan pula penandatangan alih kelola Blok Salawati dari JOB Pertamina-Petrochina Salawati (JOB -PPS), yang berlangsung Kamis (23/4-2020).

Acara dilaksanakan melalui video conference sesuai dengan protokol penanganan Covid-19, dimana Gubernur  Dominggus Mandacan menyampaikan terima kasih kepada
Kementerian ESDM dan SKK Migas,  yang selama ini telah mengembangkan industri Hulu Migas di Papua Barat, khususnya pengelolaan Blok Salawati.

Sementara itu,  Bupati Sorong Johny Kamuru, didampingi sejumlah pejabat di lingkungan kerjanya, yang berlangsung di rumah jabatan bupati kilometer 23  menyampaikan terima kasih kepada JOB Pertamina – Petrochina Salawati, yang selama ini telah mengelola Blok Salawati dan bekerja sama baik dengan Pemkab Sorong.

Selanjutnya, bupati berharap agar sinergitas antara Pemkab Sorong dan Petrogas dapat lebih ditingkatkan.

“Kepada pihak Petrogas (Island) Ltd,  kiranya dapat lebih memperhatikan masyarakat yang berada di lokasi ring satu, khususnya di tengah pandemi Covid-19 ini,”pungkas bupati.

Pada kesempatan yang sama, GM Petrogas (Island) Ltd.
Afar Z . Mbai mengharapkan kerja sama dan partisipasi dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan juga masyarakat di wilayah kerja guna kelancaran kegiatan operasi Blok Salawati.

Video conference yang berlangsung di rumah jabatan Bupati Sorong ini turut dihadiri oleh Plt. Sekda Ari Wijayanti, Asisten II Setda  Chris Tupamahu, Relations and Communication Petrogas ( Basin) Ltd. Markus Rumaropen, Perwakilan SKK Migas Sorong, Dirut PT. MOW Sorong, serta  beberapa pimpinan OPD teknis di lingkungan Pemkab Sorong, dan Kabag Humas Setda Juan Flora Adeltje.  (Humas//dkny/kk/2020)