Aimas, sorongkab.go.id – Bagi guru sekolah dasar khususnya,   baik PNS maupun kontrak harus memiliki kualifikasi S1 (strata satu) pendidikan dasar. Alasannya, mereka guru kelas,  sehingga membutuhkan kualifikasi khusus dalam proses pembejaran mulai dari kelas satu sampai enam.

“Beda  lagi dengan guru pada tingkatan SMP. Mereka guru mata pelajaran saja,” jelas Kepala Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sorong Reinhard Simamora, saat ditemui di Aimas Jum’at (11/12-2020).

Kalau kita bicara ideal  agar bagaimana guru yang ada ini kita harus siapkan semua alat pembelajaran di 2021 nanti, dimana untuk materinya sudah kita siapkan baik di tingkat PAUD, SD dan SMP melalui tim penyusun semuanya sudah rampung tinggal kita melaksanakannya saja, tandasnya.

Untuk mendukung semua apa yang akan kita lakukan nanti dalam setiap proses pembelajaran juga kita libatkan para Kadistrik (camat) setempat,  dalam waktu dekat ini sebelum awal 2021.

Dengan keterlibatan Kadistrik, selaku penguasa tunggal di wilayah kecamatan  (distrik) untuk ikut membantu kita untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat di wilayah kerjanya, sehingga masyarakat tidak ada yang bertanya-tanya.

Hal ini dengan harapan kita agar bagaimana kegiatan proses pembelajaran bisa berjalan. Meski hanya dilakukan tatap muka secara terbatas, sebut Reinhard.  (kk/2020)