Aimas, sorongkab. go.id – Kabupaten Sorong mulai tahun 2020 masuk dalam locus stunting, ujar Bupati Sorong diwakili Asisten II Setda Chris J. Tupamahu, saat membuka acara pelatihan PMT (pembuatan makanan tambahan) bagi kader Posyandu, yang diselenggarakan Dinas Kesehatan setempat, berlangsung di aula Dinas Ketahanan Pangan, Kamis (7/11-2019) di Aimas.

Upaya perbaikan gizi ditujukan untuk peningkatan mutu gizi perseorangan dan masyarakat,  yang dilakukan pada seluruh siklus kehidupan sejak dalam kandungan sampai lanjut usia,  dengan kelompok rawan, yaitu bayi dan balita, ibu hamil dan remaja, urainya.

Sehubungan dengan hal itu, bagaimana  mempersiapkan diri dalam penanggulangan stunting. Salah satunya adalah dengan pelaksanaan program Sayang Ibu dan Sayang Anak Gizi (SISAGU).

Salah satu upaya penjabaran dari program SISAGU, Dinas Kesehatan Kabupaten Sorong menyelenggarakan pelatihan PMT bagi kader Posyandu bekerjasama dengan Petrogas Basin Ltd.Sorong.

SISAGU merupakan program terpadu lintas sektor dan lintas program, dimana masing-masing Organisasi Perangkat Daerah secara bersama-sama memadukan programnya dalam rangka percepat penurunan stunting di Kabupaten Sorong.

Untuk itu,  dibutuhkan kordinasi dan kerja sama yang baik antara OPD terkait demi suksesnya program ini.

Selanjutnya apresiasi diberikan pula kepada Petrogas yang senantiasa mendukung setiap kegiatan Dinas Kesehatan melalui program CSRnya (Corporate Social Responsibily).

Sementara itu, Field Operation Manager Petrogas Basin ltd.Sorong yang diwakili Relation Communication Staf Dinda Prilla menyampaikan bahwa sebagai perusahaan yang beroperasi di wilayah Distrik Aimas, Seget, dan Mayamuk, Petrogas senantiasa menaruh perhatian penuh pada upaya peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat di wilayah Ring 1 perusahaan.

Dihatapkan kegiatan kali ini dapat memberikan manfaat bagi peningkatan gizi keluarga di kampung Klayas, Maibo, dan Arar.

Kegiatan ini di hadiri oleh Kepala Departemen Humas SKK Migas Pamalu Galih Agus Setiawan, Kepala Dinas Kesehatan  Kabupaten Sorong  Lidia Kurniawan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan  Maritje Watimena serta perwakilan OPD terkait, Waket II TP PKK Kabupaten Sorong, Kepala Kampung Arar, Kepala Kampung Klayas, dan Kepala Kampung Maibo.(kk/2019)