Aimas, sorongkab.go.id – Kabupaten Sorong di bawah pimpinan Bupati Johny Kamuru dan Wabup Suka Harjono  kembali menoreh prestasi, yaitu meraih penghargaan tingkat nasional, mewakili Pemda di Tanah Papua, baik Papua Barat maupun Provinsi Papua, dimana penghargaan atas capaian maturitas SPIP (Sistem Pengendalian Intern Pemerintah) dan Kapabilitas APIP (Aparat Pengawasan Intern Pemerintah) Level 3.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Papua Barat Riky Antariksa, langsung diserahkan kepada Bupati Sorong Johny Kamuru di aula Inspektorat setempat, Senin (03/02-2020).

Kepala BPKP Perwakilan Papua Barat Riky Antariksa menuturkan, Kabupaten Sorong yang meraih penghargaan maturitas Level 3 SPIP dan Kapabilitas APIP adalah prestasi yang sangat baik,  dan patut diapresiasi.

Karena Kabupaten Sorong merupakan satu-satunya Pemda  di Tanah Papua yang mencapai level 3.

Untuk itu, Riky terus mendorong agar Pemda yang lain di Papua Barat maupun Papua agar bisa mencontoh prestasi yang diraih Kabupaten Sorong.

Sementara itu,  Bupati Sorong Johny Kamuru menyampaikan terima kasih kepada BPKP Papua Barat atas pemberian penghargaan tersebut.

Bupati turut memberikan apresiasi kepada Wabup, Sekda, pimpinan OPD serta seluruh staf di Kabupaten Sorong atas kerja samanya,  sehingga dapat memperoleh penghargaan ini.
Ini merupakan kerja keras bersama.  Selama ini kita lihat ada pemain panggung dan ada pemain di bawah panggung.

Orang melihat di atas ada bupati dan wakil bupati serta Sekda, padahal di bawah panggung ada para pimpinan OPD dan staf yang bekerja bersama menyusun strategi bagaimana melayani masyarakat dengan baik dalam membangun Kabupaten Sorong,” ungkapnya dengan bangga.

Jadi,  saya ucapkan terima kasih dan apresiasi atas kerja sama kita dalam melayani masyarakat dan menjalankan pemerintahan ini, tambahnya.
Prestasi yang telah kita raih ini untuk dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi, pinta Johny Kamuru.

Untuk diketahui penghargaan capaian maturitas SPIP dan APIP diberikan kepada daerah atau lembaga negara yang dapat memberikan pelayanan terbaik, akuntabel dan responsif dan juga penyelengaraan pemerintahan yang profesional dan bebas dari praktik korupsi.

Level 3 merupakan tingkatan dengan penilaian baik, dimana puncaknya berada di level 5.

Kegiatan yang dilanjutkan dengan Workshop Penilaian Risiko dan Peningkatan Kapabilitas APIP bagi pimpinan daerah di Propinsi Papua Barat tersebut, Ketua DPRD Kabuaten Sorong, Kapolres Sorong, Dandim 1802 Sorong, Wakil Bupati Suka Harjono, Sekda Mohammad Said Noer, para Staf Ahli Bupati Sorong,  para Inspektur se-Papua Barat serta para pimpinan OPD di Kabupaten Sorong. (kk/2020)