Aimas, sorongkab.go.id – Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sorong Panca Kurniawan menyatakan, di tahun 2019 kemarin, kita di Kanwil DJP Papua, Papua Barat dan Maluku memperoleh peringkat 1(satu) secara nasional dalam capaian penerimaan pajak, dengan pertumbuhan pajak mencapai 6% dari 35 Kanwil  Pajak di Indonesia.

“Prestasi ini merupakan satu hal yang sangat menggembirakan dan sebagai babak  baru sejarah pertama terjadi, sejak Indonesia merdeka,” jelasnya, Kamis (30/01-2020) di Aimas, usai mengikuti acara penyerahan Dokumen  Pelaksanaan Anggaran (DPA) Kabupaten Sorong tahun anggaran 2020.

Ia mengaku, sejak dirinya mengabdi di Direktoral Jenderal Pajak sekitar 30 tahun, dengan prestasi yang disandang Kanwil Pajak Papua, Papua Barat dan Maluku, dimana  evaluasi pada setiap tahunnya selalu berada di peringkat satu dan atau  dua dari bawah ( urutan ke 35 atau 34), urai Panca, yang baru menjabat Kepala Kantor Pelayanan Pratama Sorong lebih kurang 5 bulan ini.

Kita di Kanwil Pajak Papua 40% didukung dari APBD (Anggaran Pendapatan Daerah). Itu dari Sektor Pemda dan Bendahara Daerah.

Dengan adanya acara seperti ini bagaimana kita membangun kerja sama dan berkoordinasi dengan Pemda setempat. Melalui hubungan baik seperti ini dapat berimbas baik pula kepada masyarakat selaku wajib pajak, harapnya. (kk/2020)