Aimas, sorongkab.go.id– Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Kabupaten Sorong, yang dinilai belum membuahkan hasil maksimal, Sekda Mohammad Said Noer mengimbau kepada jajaran pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk selalu proaktif, ujarnya, saat memberikan arahan pada  apel gabungan, yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Sorong di kilometer 24 Aimas, Jum’at (10/1-2020).

Dari hasil evaluasi, Sekda menilai masih saja ditemukan beberapa OPD dalam membuat LPPD belum memberikan hasil maksimal, sehingga imbasnya saat dinilai tidak mengalami peningkatan yang cukup siginifikan, pungkasnya.

Selain itu, ia meminta ketika ada rapat unsur pimpinan OPD untuk bisa mengikutinya, sehingga berbagai perkembangan bisa diketahui secara baik dan benar.

“Bahkan yang terjadi selama ini ketika ada undangan rapat bagi unsur pimpinan masih saja diwakili oleh bawahannya. Bagimana  bisa mengetahui berbagai perkembangan dalam tugas penyelenggaraan pemerintahan, terutama terkait dengan tata cara atau mekanisme kerja yang benar,” tegas Said Noer.

Kalau mengenai Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP), Sekda mengapresiasi, dimana untuk kawasan timur Indonesia, yakni Provinsi Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat, Kabupaten Sorong memperoleh hasil yang sangat memuaskan.

Ia menambahkan, seyogianya kita Pemkab Sorong sebagai kabupaten induk, yang telah memekarkan 5 daerah otonomi baru, yakni Kota Sorong, Raja Ampat, Sorong Selatan, Maybrat dan Kabupaten Tambrauw tentu  harus memberikan contoh yang baik, sehingga menjadi bahan pembanding dari daerah-daerah yang telah dimekarkan tersebut, harapnya. (kk/2020)