Aimas, sorongkab.go.id – Materi Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Sorong tahun anggaran 2021 sudah diserahkan ke pihak dewan. Sekarang tinggal menunggu sidang DPRD saja, ujar Bupati Johny Kamuru, Kamis (17/12-2020) di Aimas.

Memang untuk RAPBD kali ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena dengan adanya pandemi Covid-19 ini semua dana-dana di berbagai daerah di seluruh Indonesia  dipotong, dengan jumlah cukup fantastis.

Dengan adanya wabah non alam ini (Covid-19),  kita juga tidak bisa berbuat apa-apa  dalam tugas pelayanan pembangunan dan sosial kemasyarakatan. Jadi, nantinya kita tetap berjalan dengan sumber dana yang ada saja, ujar Bupati  JK, sapaan akrab Johny Kamuru.

Soal besaran RAPBD 2021 memang nilainya cukup besar yang diturunkan. Bisa saja nilai penurunannya  sekitar 50% dari anggaran yang pernah kita peroleh tahun-tahun sebelumnya.

Dengan nilai penurunan RAPBD di tahun anggaran 2021 nanti, kita berjalan tidak maksimal  atau apa adanya saja. Begitu pula untuk sidang RAPBD yang sedikit molor ini, ya kita tinggal menunggu dewan untuk segera lakukan sidang, tambahnya. (kk/2020)