Aimas, sorongkab.go.id – Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi  Luhut Binsar Panjaitan bersama sejumlah menteri bakal berkunjung ke Sorong.

Menko Kemaritiman akan didampingi sejumlah pejabat di antaranya, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo,Menteri Koperasi Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, para Pejabat Deputi I Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Dirut Bank Mandiri Royke Tumilaar, serta sejumlah pejabat terkait lainnya

Rencana kunjungan dalam rangka mengadakan kegiatan High Level Meeting  on Green Investment Blue Print for Papua and West Papua   (Pertemuan Tingkat Tinggi tentang Cetak Biru Investasi Hijau untuk Papua dan Papua Barat), yang akan berlangsung di Swisbell Hotel Kota Sorong, Kamis (27/02-2020).

Menurut rencana, usai digelarnya kegiatan tersebut,  Menko Kemaritiman dan Inventasi beserta  rombongan direncanakan akan berkunjung ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sorong. Dijadwalkan, sekitar pukul 13.00 waktu setempat besok (Kamis), rombongan Menko Kemaritiman dan Investasi berangkat dari SwisBell Hotel Kota Sorong menuju KEK Sorong, dimana kunjungan ini merupakan baru pertama kali Luhut Binsar Panjaitan menjabat sebagai Menko Kemaritiman.

Kunjungan kerja pada kesempatan ini untuk melihat secara langsung kondisi, baik hal yang terkait dengan berbagai perkembangan dan kendala yang ada   di kawasan tersebut, ujar Sekda Kabupaten Sorong Mohammad Said Noer, Rabu (26/02-2020)di ruang pola Pemkab setempat,  saat memimpin rapat bersama Protokoler Kemenko Kemaritiman dan OPD teknis terkait lain, sehubungan dengan adanya rencana kegiatan itu.

Dengan adanya kebijakan pemerintah dengan membangun dari wilayah timur Indonesia, maka dengan adanya pembangunan industri di kawasan wilayah ini tentu input/output melalui pelabuhan laut (tol laut) bisa berjalan, sebut Sekda Said Noer.
Artinya, bahwa kebutuhan dari wilayah barat  terpenuhi di daerah bagian timur maka kebutuhan barang akan saling melengkapi. Ya setidaknya saling terjawab, katanya.

Sementara itu, Luky mewakili utusan dari Kemenko Kemeritiman mengatakan, jadwal kegiatan Menko Kemaritiman dan Kepala BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) beserta sejumlah rombongan, yang akan berkunjung ke KEK Sorong asumsi waktunya sekitar 90 menit.

Sesuai jadwal kegiatan, saat berada di KEK Sorong Menko Kemaritiman akan mendengarkan secara langsung persentasi (profil) kawasan, yang menurut rencana akan disampaikan secara langsung oleh Direktur PT Malamoi Olom Wobok, terkait dengan perkembangan atau kondisi riil yang ada di kawasan tersebut.

Usai kegiatan rombongan Menko Kemaritiman akan kembali ke Jakarta, Kamis petang (besok) sekitar pukul 17.00 waktu Sorong,  dengan menggunakan pesawat khusus. (kk/2020)