Aimas, sorongkab.go.id – Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, dirinya siap mendorong datangkan investor untuk masuk berinvestasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sorong.

Namun, Luhut berpesan kepada Bupati  Sorong untuk mendatangkan investor (mereka) pada umumnya membutuhkan lahan, yang cukup luas dalam kisaran 1.500-2.000 hektare, pintanya, saat memberikan sambutan, yang berlangsung di KEK Sorong, Kamis (27/02-2020).

Kedatangan Menko Kemaritiman dan Investasi di KEK Sorong juga dalam rangka monitoring pengembangan dan percepatan investasi di kawasan tersebut.

“Saya akan ajak semua investor  untuk masuk ke sini (KEK Sorong), termasuk akan mendorong pembangunan BLK (Balai Latihan Kerja), yang baik dan representatif.

Selain itu,  juga akan dibangun  Politeknik agar anak Papua nantinya akan sekolah,  dan lulusannya yang akan menggantikan para pekerja yang datang dari luar, katanya.

Pada kesempatan yang sama, Menko Kemaritiman  dan Investasi mengingatkan agar pemerintah dan masyarakat dapat menjaga kebersihan lingkungan, dan juga menjaga hutan Mangrove yang ada.

Termasuk di samping  itu faktor  keamanan Kabupaten Sorong harus dijaga dengan baik. Karena keamanan  menjadi salah satu indikator penting kemajuan dalam  suatu daerah.

Sementara itu,  Gubernur Papua Barat  Dominggus Mandacan berharap adanya dukungan dari pemerintah pusat, yang dalam hal ini  melalui Kemenko Kemaritiman  dan Investasi.

Gubernur Mandacan  meminta Menko Kemaritiman  dapat mempromosikan KEK Sorong di wilayah Papua Barat ini agar semakin banyak investor yang masuk.

Sehingga dapat mempercepat proses kemajuan investasi daerah, khususnya dalam bidang perekonomian dan sektor industri maupun penyerapan tenaga kerja lokal.

Turut hadir, para pejabat di jajaran Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Forkopimda Papua Barat dan Kabupaten Sorong, Bupati Sorong Johny Kamuru, Wakil Bupati Suka Harjono, Sekretaris Daerah Mohammad Said Noer, para pimpinan OPD, Direktur Malamoi Olom Wobok beserta jajarannya, tokoh masyarakat, tokoh adat di Distrik Mayamuk, dimana lokasi KEK Sorong itu berada. (kk/2020)