Bertempat di Pendopo, Kediaman Bupati Sorong, Ny.Linda Kamuru melantik Badan pengurus Dekranasda kabupaten sorong Periode 2017-2022.
Pelantikan ini berdasarkan Surat Keputusan Dekranasda Provinsi Papua Barat tahun 2017 tentang Pengesahan Pengangkatan Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) kabupaten Sorong tahun 2017-2022.
Dalam sambutannya Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) kabupaten Sorong Ny.Linda Kamurumengatkan Dengan dilantiknya pengurus Dekranasda Merupakan suatu perpaduan keterampilan untuk menciptakan suatu karya yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari seluruh kebudayaan di mana dapat menopang kehidupan bercita-cita kemajuan teknologi industri di satu sisi dan pelestarian nilai budaya bangsa yang harus terpenuhi.
Dalam produk kerajinan membutuhkan serta upaya peningkatan pendidikan perilaku dan partisipasi masyarakat yang berfungsi membantu dan sebagai Mitra pemerintah dalam membina dan mengembangkan kerajinan berdasarkan surat keputusan bersama menteri yaitu menteri perindustrian dan Menteri Pendidikan.
Dekranasda merupakan lembaga independen yang mempunya tugas dan fungsi menjadi mitra strategis pemerintah untuk menggali, melindungi, melestarikan, membina dan mengembangkan seni kerajinan berbasis warisan nilai budaya bangsa untuk kesejahteraan pengrajin di kabupaten Sorong .
Disamping Ketua Dekranasda Prov. Papua Barat Ny. Juliana A. Mandacan dalam sambutannya yang diwakilkan oleh Ketua harian Dekranasda Provinsi Agustinus mengatakan Ucapan syukur atas dilantiknya Kepengurusan Dekranasda yang baru, kami berharap agar dapat menjalani kehidupan untuk berkarya guna membentuk kerajinan daerah dalam lembaga independen yang sifatnya sebagai wadah berhimpun pemantauan kehidupan di bidang kesenian untuk masalah fungsi dan tugas sebagai Mitra pemerintah.
Harapan kami Selanjutnya Para pengurus Dekranasda Kabupaten Sorong agar segera menyusun dan melaksanakan program kerjasama dan agar selalu berkoordinasi oleh pemerintah Provinsi agar Program ini dapat berjalan secaramaksimal.
Kami mengajak untuk semua untuk mari bekerja sama mendukung program pemerintah serta mendukung dalam pencegahan perkembangan Covid 19 dengan mengutamakan protokol kesehatan.
Disamping itu Bupati Sorong Dr.Johny Kamuru S.H.,M.Si dalam sambutannya menyampaikan Bahwa dengan di lantiknya para pengurus Dewan kerajinan Nasional Daerah ( Dekranasda ) dengan harapan dapat Menjadi Mitra strategis pemerintah untuk melestarikan dan mengembangkan seni kerajinan termasuk warisan nilai budaya bangsa untuk kesejahteraan pengrajin di Kabupaten Sorong.
Bupati berharap kepada Para Pengurus Dekranasda agar mempunyai kreativitas yang tinggi dalam mengembangkan pengrajin pengrajin yang ada di Kabupaten Sorong sehingga akan tumbuh pengrajin pengrajin dan pengusaha baru di pasaran dan akan meningkatkan dengan tumbuhnya pusat-pusat Pengrajin baru, dengan kemampuan para pengrajin dapat memperoleh penghasilan yang maksimal guna kesejahteraan rumah tangga dapat terpenuhi.
Bahwa dengan dinlantiknya Para oengurus Dekranasda ini dapat mempunyai Komitmen bersama untuk membantu pembangunan kabupaten Sorong ini.
Bahwa dengan Situasi Pandemic ini sanya bersama Wakil bupati telah melakukan perubahan Kabupaten Sorong ini menjadi kabupaten yang Maju dan mandiri dimana akses jalan menuju ke daerah – daerah terpencil sudah terhubung hal itunlah merupakan Visi dan misi kami untuk membawa perubahan, begitu cepat Waktu kepemimpinan kami bersama Wakil bupati akan berakhir.(BY)