Bertempat di Gedung Tongkonan Aimas, Wakil Bupati Suka Harjono S.Sos.,M.Si membuka kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata Alam (Geowisata).
06/12/2021
Dalam sambutannya Wakil Bupati menyampaikan Kabupaten Sorong memiliki potensi wisata yang beragam yaitu wisata alam,wisata bahari, wisata budaya dan sejarah.
Alam di kabupaten Sorong memiliki beragam pesona, pesona alam, pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, dengan hutan hujan tropis gunung lembah air terjun dan sungai yang menawan.
Profesi pemandu wisata merupakan pekerjaan yang mempunyai peran penting dalam pengembangan destinasi wisata yang dapat memberikan kenyamanan dan informasi yang benar dan menarik bagi wisatawan.
Pemberi lisensi kepada pemandu wisata sangatlah penting dengan lisensi tersebut seorang pramuwisata dianggap mampu menjalankan profesinya sebagai seorang pemandu wisata bagi wisatawan yang ingin melihat berbagai objek wisata di kabupaten Sorong.
Para pemandu wisata diharapakan dapat mengembangkan, dapat memperkenalkan wisata daerah kita, sehingga yakin dan percaya kedepannya para wisatawan dapat berwisata ke daerah kita.
Para pemandu juga harus bisa mensosialisakan kepada masyarakat yang mempunya daerah wisata, sehingga mempunyai pemahaman terkait potensi daerah wisata tersebut.
Hari ini pelatihan dan kedepannya harus ada praktek sehingga teori yang kita pelajari dapat memenuhi target.
Kepada para instruktur agar dapat melatih para pemandu wisata dengan baik, sehingga dari hasil pelatihan pemandu wisata ini mendapatkan ilmu dan dapat lebih mempromosikan potensi wisata kita sehingga memberi pemasukan asli daerah kita.
Wisata ini sangat berpotensi besar untuk menghasilkan PAD kita , sehingga kita tidak hanya berharap dari pusat, dan bagaimana kita bisa mengelola daerah wisata kita didaerah.
“Atas nama pemerintah saya memberikan apresiasi kepada dinas Pariwisata pemuda dan olahraga yang telah melaksanakan kegiatan pelatihan pemandu wisata alam saat ini, kepada peserta pelatihan agar dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik agar nantinya dapat mengimplementasikan ilmu yang diperoleh dari kegiatan ini sehingga wisata kabupaten Sorong dapat lebih terkenal ” tegas Wakil Bupati.
Disamping itu Silas Kalami menyampaikan adapun tujuan daripada kegaiatan pelatihan ini adalah :
1. Tersedianya sumber daya manusia yang siap dalam memandu wisata dan pengunjung di lokasi destinasi wisata.
2. Pelaku pemandu mendapat ilmu mendapat ilmu di lokasi pariwisata
3. Meningkatkan pelayanan kepada wisatawan yang berkunjung di lokasi tersebut di bidang wisata alam khususnya geowisata. Kegiatan pelatihan ini berlangsung 2 hari dimulai dari tanggal 6-7 Desember.(BY)