Sorong, InfoPublik – Wakil Bupati Sorong Suka Hardjono, S.Sos, M.Si, mengemukakan, pertemuan pihaknya dengan manajemen Perusahaan Petros Gas, membahas hal yang berkenaan dengan program penanggulangan dan pencegahan Canting merupakan salah satu program CSR (Coorparate Social Responsibilty) dari perusahaan tersebut yang merupakan kegiatan rutin tahunan harus terkolaborasi dengan Pemda Kabupaten Sorong, ujarnya, usai memimpin rapat di aula Bapperlitbang setempat, Kamis (2/5/2019).

Program apa yang mungkin belum masuk ke dalam APBD (anggaran  pendapatan dan belanja daerah) Kabupaten Sorong 2019, sehingga sehubungan dengan hal tersebut, hari ini kita lakukan rapat koordinasi antar Organisasi Perangkat Daerah dengan Petro Gas membahas khusus bidang kesehatan, jelas Suka Hardjono.

Terkait hal itu, kami dari Pemkab Sorong menyambut positif untuk action terutama bisa launching terhadap program itu melalui dinas terkait untuk kita sama-sama melakukannya.

Dengan harapan pada 2020 Kabupaten Sorong menjadi lokus dari penanggulangan dan pencegahan Canting  yang ada di daerah ini. Soal data kami cukup memiliki salah satunya terhadap ibu hamil yang kronis yang sangat mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan anak dari 1.000 hari itu sudah bisa terdeteksi.

Selain itu, ada program strategi di bidang ekonomi dan pendidikan dari 5 program itu setiap tahun ada. Tentu semuanya harus berkoordinasi dengan dinas terkait, harapnya.

Harapan kami semoga masyarakat yang berada di sekitar kawasan ring satu di mana perusahaan itu beroperasi memberi dampak positif, demi meningkatkan dan mengantipasi terhadap berbagai persoalan di wilayah itu, tambahnya. (MC Kab. Sorong/rim/eyv) Infopublik