Bertempat di Pendopo Bupati Sorong Dr.Johny Kamuru S.H.,M.Si menghadiri Kegiatan penyerahan sertifikat aset Pemerintah Daerah dan penyerahan sertifikat tanah kepada masyarakat Kabupaten Sorong.
Dalam sambutannya Bupati menyampaikan

Berdasarkan deskripsi Presiden Jokowi melalui Peraturan Menteri Agraria dan tata ruang Kepala Pertanahan Nasional Nomor 1 Tahun 2017 tentang perubahan atas peraturan Menteri Agraria Nomor 35 tahun 2016 Pemerintah Daerah Kabupaten bekerjasama dengan Kantor Pertanahan Sorong berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menyukseskan program PTSL.

Oleh sebab itu pada kesempatan ini juga selaku Bupati memberikan apresiasi kepada kepala BPN Kab. Sorong karena sejak beberapa tahun terakhir ini BPN sendiri proaktif berdasarkan intruksi dari pusat tapi juga pemerintah daerah dalam rangka kita menyelesaikan sertifikasi masalah masyarakat saja, tetapi juga masalah aset daerah oleh sebab itu kita harus bersyukur.

Kegiatan ini juga merupakan komitmen kita sebagai pemerintah daerah untuk membantu masyarakat dalam mengadakan dan mengeluarkan sertifikat tanah sebagai bukti kepemilikan yang di pegang oleh masyarakat.
Pada hari ini kita boleh tampilkan beberapa sertifikat ini jadi untuk saat ini menjadi satu kepastian hukum, jadi sertifikat ini tidak boleh di jual ataupun di taruh di bank dengan kepentingan lainnya.

Atas nama permerintah Kab. Sorong memberikan apresiasi kepada BPN Kab. Sorong dalam rangka mensejahterakan masyarakat dengan memberikan kepastian hukum drngan kepastian kepemilikan sertifikat tanah kepada masyarakat
Disamping itu Kepala BPN Kab Sorong
Pak Subur S.SiT menyampaikan bahwa sertifikatnya akan diserahkan pada hari ini berasal dari kegiatan yang pertama sertifikasi barang milik daerah sejumlah 25 bidang yang kedua 5 bidang dari kegiatan redistribusi tanah dan sejumlah 20 bidang lainnya.

Kegiatan Kantor Pertanahan dalam hal legalisasi aset yang tahun ini target kami cukup besar dibandingkan dengan tahun lalu biasanya 800-1000. Tahun ini target kami sebanyak 4000 bidang atau tepatnya 4152 bidang. Jadi mohon maaf kalau pelayanan Kantor Pertanahan di tahun-tahun di tahun 2021 ini ada keterhambatan karena memang targetnya cukup tinggi di tahun ini dari kegiatan PTSL yang kita serahkan 20 bidang hari ini itu mewakili 500 bidang yang nanti juga diserahkan di tahap selanjutnya dan mewakili 3400 bidang yang berada di Kelurahan kelurahan di Kab. Sorong. Kegiatan hari ini kita serahkan 5 bidang yang akan diwakili oleh penerima dua bidang terdiri dari 500 sertifikat dari perwakilan Kp. Jeflio dan Kp. Maibo. Lanjutnya pada kegiatan tahun ini menargetkan 2.200 bidang pada tahun ini BPN Kab. Sorong akan menyelasikan sertifikat tanah yang ada di Kab. Sorong.

Sambutan kepala pertanahan sertifikat yg disertakmhakn sertifikat daerah sbntak 25 bidang.
Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat tanah kepada masyarakat secara Virtual oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang Kepala Badan Pertanahan Nasional yang virtual ini dilakukan juga di 3 Provinsi yaitu
Provinsi Papua, Papua Barat,dan Nusa Tenggara Timur.(BY)