Aimas, sorongkab.go.id – Wakil Bupati Sorong Suka Harjono meminta potensi destinasi pariwisata daerah perlu dikelola secara baik untuk kemajuan daerah itu sendiri.

Permintaan orang nomor dua di Kabupaten Sorong, saat membuka kegiatan pelatihan tata kelola destinasi pariwisata, yang berlangsung di gedung Keik Malamoi, Rabu (18/11-2020).

Dalam sambutan,  Wakil Bupati menyampaikan Kabupaten Sorong ini masih banyak potensinya. Hanya  kita perlu menggarapnya dengan lebih baik lagi.

Di dalam dunia pariwisata sebelum destinasi diperkenalkan dan dijual, terlebih dahulu harus menyiapkan aspek utama (4A) yang harus dimiliki, yaitu atraksi, aksesibilitas, amenitas dan ancilliary (organisasi/lembaga yang mengatur/mengelolanya).

“Ini menjadi penting karena walaupun destinasi sudah mempunyai atraksi, aksesibilitas dan amenitas yang baik, tapi jika tidak ada yang mengatur dan mengurus maka ke depannya pasti akan terbengkalai,” bebernya.

Melalui pelatihan ini kiranya para peserta dapat memahami cara mengelola destinasi yang baik,  sehingga wisatawan merasa nyaman ketika berada di destinasi tersebut. Atau  lebih dikenal dengan sapta pesona (tujuh pesona) yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah dan kenangan.

Saya berharap kepada Dinas Pariwisata mari kita bergandengan tangan dengan dinas-dinas yang lain maupun dengan Kementerian Pariwisata.

Selain itu, kita harus  menjalin komunikasi yang baik dengan tenaga-tenaga professional,  yang ahli di bidang kepariwisataan serta  bisa memasarkan daerah-daerah wisata kita yang ada di Kabupaten Sorong ini, ajaknya.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan selama tiga hari, dimana penyampaian materi dilakukan di Gedung Keik Malamoi selama dua  hari,  dan mengadakan praktik lapangan pada hari ketiga. Dilaksanakan pada dua lokasi obyek wisata, yaitu pantai KlawiLik Lala dan Homestay Sawatuk di Distrik Makbon.

Peserta berjumlah 40 orang yang berasal dari Kampung Malaumkarta, Kampung Malagufuk, Kampung Jeflio, Kampung Suatolo, Kampung Suwatu, Aimas dan Asbaken. (Bag. Prokopim/by/kk/2020)