Sorong, InfoPublik – PT Gag Nikel bakal segera berinvestasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sorong. Hal itu disampaikan Sekda Ir. Mohammad Said Noer, M.Si, usai memimpin rapat, yang berlangsung di ruang pola kantor bupati, Kamis (2/5/2019).

Menurutnya, lahan Pemkab Sorong sudah siapkan. Termasuk fasilitas kelistrikan maupun sarana dan prasarana pendukung lainnya kita duduk bersama untuk membahasnya, dengan pihak Perusahaan Gag Nikel maupun instnasi teknis terkait lainnya.

Rapat tersebut untuk menjawab kebutuhan dasar dalam rangka facility study (studi kelayakan), sehingga beberapa pimpin Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Sorong siap membantu hal apa saja yang akan di butuhkan pihak perusahaan tersebut, jelas Sekda Said Noer.

Besok mereka akan turun  untuk melihat kondisi lapangan terkait berbagai hal yang ada.”Untuk mendukung dalam proses berbagai persiapan bukan saja OPD Pemda terkait  yang kita libatkan saja, tapi dari instansi Vertikal juga ada, seperti manajemen PT Pelindo IV, PLN serta lainnya, sehingga dengan keterlibatan semua pihak akan mempercepat pelaksanaan kegiatan di KEK Sorong tersebut,”sebut Sekda.

Pada prinsipnya kami mengharapkan secepatnya membangun sneaker dari Perusahaan Gag Nikel di KEK Sorong  itu dalam rangka membuka pabrik pengolahan nikel, tandasnya.

Sementara itu,  Irfan perwakilan dari PT Toraco Salting, yang juga ditunjuk perusahaan sebagai Konsultan PT. Gag Nikel mengemukakan, melalui rapat tadi, yang jelas kami membutuhkan  berbagai data dari Pemda Sorong untuk perhitungan membuat studi kelayakan, saat dihitung ekonomis atau tidak ekonomisnya serta strategi apa yang kita lakukan dalam menghadapi semuanya itu dalam manajemen Antam  seperti apa pembuatan  sneaker.

“Intinya, ke datangan kita di Sorong untuk mengambil data-data dan selanjutnya diprosesing dulu baru kita buat kesimpulan apakah data masih kurang atau pun sudah cukup. Setelah itu kita buat studi kelayakan dari Perusahaan Gag Nikel itu, tambahnya. (MC Kab. Sorong/rim/eyv) Infopublik