Setelah lebih dari 20 Tahun akhirnya semua Aset Pemerintah Kabupaten Sorong sebagai Kabupaten induk diserahkan kepada Pemerintah Kota Sorong. Hal ini ditandai dengan penandatanganan dan penyerahan berita acara serah Terima barang aset daerah antara kedua belah pihak di aula Baperlitbang Kabupaten Sorong pada Senin 15 November 2021.
Bupati Sorong, Dr. Johny Kamuru, S.H., M.SiĀ  dalam arahannya menyampaikan ucapan syukur atas terselenggaranya kegiatan tersebut selanjutnya menyampaikan bahwa kegiatan ini harus dilakukan karena merupakan salah satu aturan yang harus dijalankan.
Sementara Wali kota Sorong, drs. Ec. L. Jitmau, M.M dalam arahannya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Sorong di bawah kepemimpinan Bupati Johny Kamuru akhirnya dapat menyerahkan semua aset pemkab Sorong. “Ini semua waktu Tuhan, dan Puji Tuhan Semua Aset Sudah kita terima, Terima kasih bapak Bupati dan semua Jajaran. ” Tutup Wali Kota.
Beberapa Aset yg diserahkan antara lain, Hotel Batanta, Gedung Diklat Kabupaten Sorong, Bengkel Dinas P.U, HPL 1 dan 2 Tanjung Kasuari.
Kegiatan dihadiri oleh BPK RI Perwakilan Papua Barat, KPK Perwakilan Papua dan Papua Barat, serta pejabat di Lingkungan Pemerintah Kota dan Kabupaten Sorong. (YET)