Aimas, sorongkab.go.id – Satgas (satuan tugas)  Covid- 19 Kabupaten Sorong,  yang diketuai oleh Sekretaris Daerah Mochammad Said Noer melakukan pemeriksaan darurat  terhadap para penumpang KM. Kalabia yang baru saja sandar di dermaga  pelabuhan ASDP di Kampung Arar, Distrik Mayamuk, Minggu (22/3-2020).

Diketahui KM. Kalabia tersebut, berangkat dari pelabuhan Fak-fak setelah tiba di pelabuhan Arar  langsung dilakukan pemeriksaan kepada para penumpang.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk dari pencegahan wabah Covid-19 (Virus Corona), yang tengah melanda Indonesia dan seluruh  penjuru dunia saat ini.

Pada briefing terhadap sejumlah anggota Satgas yang dilakukan Sekda Kabupaten Sorong, dengan harapan  agar anggota Satgas menjaga diri sebelum melakukan tugas pemeriksaan,  dengan menggunakan alat pelindung diri (APD),  sebelum bersentuhan dengan orang lain.

Hal itu ditegaskan Sekda Said Noer agar dapat terhindar dari bahaya virus Covid-19.

“Ketika dilakukan pengecekan seara intens tidak ada penumpang yang masuk dalam kategori ODP ( orang dalam pemantauan) atau PDP (pasien dalam pengawasan),” ujar Sekda.

Sekda menambahkan bahwa mobilisasi kapal ini belum sampai pada daerah terjangkit, sehingga Satgas dapat bekerja dengan baik sekalipun telah memasuki musim penghujan.

Selain itu,  Posko pemeriksaan darurat juga ditempatkan di pintu keluar pelabuhan.

Hal tersebut,  dilakukan demi memerangi meningkatnya angka kasus Covid-19 di Indonesia, dimana berbagai upaya dilakukan untuk mencegah penyebaran virus yang  mematikan ini.

Penertiban penumpang sebelum menginjakkan kaki di pelabuhan di lakukan pemeriksaan,  dengan mengukur suhu tubuh serta  penyemprotan cairan disinfektan kepada 100 lebih penumpang,  dan beberapa awak serta anak buah kapal.

Turut hadir, Kapolres Sorong, diwakili Kabag Ops  AKP Emmy Fenitiruma, Kepala Dinas Kesehatan Lidya Kurniawan, Kepala BPBD Aminadab Lobat, Kepala ASDP, Kepala Dinas Perumahan Hendrikus Momot, Kepala Kantor PTSP Salmon Samori serta anggota Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Sorong.(kk/2020)