Sorong, InfoPublik – Sekretaris Daerah Kabupaten Sorong Mohammad Said Noer memnita kepada jajaran dunia pendidikan untuk terus meningkatkan kualitas mutu di berbagai lembaga pendidikan yang ada di daerah ini.

Permintaan Sekda itu disampaikan pada acara wisuda Jurusan Keperawatan, Kebidanan, Dan Gizi Politeknik Kesehatan Kemenkes Sorong tahun ajaran 2018 / 2019, Selasa ( 24/9/2019) di Aimas Covention Centre.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sorong mengatakan wisuda pada hari ini yang merupakan acara puncak dan proses akhir dari suatu siklus pendidikan, menunjukkan bahwa Politeknik Kesehatan Kemenkes Sorong telah berhasil menyelenggarakan proses pendidikan,  dan mencetakSDM di bidang kesehatan yang siap untuk diterjunkan membangun daerah ini.

Di samping itu,  acara wisuda yang merupakan refleksi keberhasilan penyelenggaraan pendidikan, hendaknya tidak dijadikan semata-mata sebagai acara rutin yang sifatnya seremonial, tapi lebih dari itu harus disikapi secara arif dan bijak untuk melakukan koreksi terhadap proses manajerial penyelenggaraan pendidikan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan penilaian dan hasil yang telah dicapai, katanya mengutip sambutan Bupati Sorong.

Pada kesempatan itu, Bupati Sorong  mengajak seluruh jajaran dunia pendidikan untuk terus meningkatkan mutu, karena pada langkah ke depan, semua lulusan harus mampu berkompetisi dengan tenaga kerja asing lainnya.

Untuk itu lembaga pendidikan tinggi harus mampu mengembangkan pendidikan yang berorientasi pada standar kompetisi nasional dan internasional.

“Pemerintah Kabupaten Sorong sendiri sangat membutuhkan tenaga kesehatan yang memiliki kualitas handal dalam upaya memberikan layanan kesehatan yang berkualitas untuk masyarakat di daerah setempat,  guna mewujudkan salah satu misi Bupati Sorong 2017-2022, meningkatkan SDM  yang cerdas dan sehat serta memiliki daya saing yang tinggi.

Ia berharap  kepada seluruh civitas akademika Politeknik Kesehatan Kemenkes Sorong untuk terus berusaha semaksimal mungkin dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia,  khususnya yang berkaitan dengan profesionalisme di bidang kesehatan.

Dan saya berharap kiranya lembaga pendidikan tinggi ini untuk dapat terus berupaya menjaga nama baik dan konsisten dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Di akhir sambutannya, Sekda mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Politeknik Kesehatan Kemenkes Sorong atas usaha dan upayanya selama ini dalam mencetak tenaga kesehatan bagi masyarakat yang ada di wilayah ini.

Adapun jumlah mahasiswa/mahasiswi yang diwisuda,  yaitu sebanyak 320 orang. Dengan rincian , DIV Keperawatan 50 orang, DIV Kebidanan 44 orang, DIII Keperawatan Reguler 61 orang, Kelas Regular Karyawan 15 orang, DIII Keperawatan Percepatan Peningkatan Pendidikan 39 orang, Kelas Wondama 23 orang, dan DIII Gizi sebanyak 35 orang.

Hadir dalam acara wisuda, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat, Kepala Dinas Kesehatan Kaimana, Kepala Dinas Desehatan Kota Sorong, pimpinan Perguruan Tinggi Pemerintah/swasta, Ketua-ketua Organisasi Profesi Tenaga Kesehatan, Staf dan Dosen Politeknik Kesehatan Kabupaten Sorong, serta para wisudawan-wisudawati dan orang tua.(Humas/MC Kab. Sorong/by/rim/eyv)