Aimas, sorongkab.go.id – Kepala Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil  Perikanan Sorong Moch. Musa Telew mengatakan,  untuk kegiatan  Gerakan Masyarakat Sadar Mutu Karantina Ikan, yang kita lakukan hari ini di Kabupaten Sorong, dengan melakukan bhakti sosial  dimana sebenarnya kegiatan ini telah kita lakukan sejak 2016.

Namun, karena ini masa pandemi Covid-19,  maka kita lebih berfokus pada bulan mutu karantina ikan dalam rangka memberi  bhakti sosial kami, dengan adanya peningkatan kandungan  protein ikan bagi masyarakat untuk mengkonsumsinya di tengah adanya pandemi Covid-19.

Ada tiga daerah yang menjadi sasaran kegiatan kami,  yakni Kota Sorong, Kabupaten Sorong dan Kabupaten Manokwari, ujarnya di Aimas, Senin (18/5-2020), usai memberikan bantuan secara simbolis berupa ikan segar beku, ikan kaleng dan  abon  sebanyak 393 paket untuk disalurkan di 7 lokasi, katanya.

Dari 7 titik menjadi sasaran bantuan yang akan kami berikan diantaranya diserahkan ke Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Sorong, panti asuhan misi serta pondok pesantren.

Apalagi saat ini masa pandemi Covid-19, pihaknya diberi instruksi dari Menteri Kelautan dan Perikanan untuk melakukan bhakti social bagi masyarakat terdampak virus corona, jelas Musa.

Dengan adanya kegiatan Bulan Mutu Karantina Ikan, kami diarahkan untuk melakukan bhakti sosial untuk ikan sehat bermutu terutama bagi masyarakat terdampak.

Mengingat,  protein ikan sangat baik untuk menangkal pandemi, sehingga dengan adanya kegiatan ini sangat membantu masyarakat dalam mengkonsumsi ikan sehat bermutu, tambahnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sorong Suka Harjono mengemukakan,  dengan adanya kegiatan Gerakan Bulan  Mutu Ikan yang dilaksanakan oleh Karantina Ikan Sorong, kami dari Pemkab Sorong memberi apresiasi yang setinggi-tingginya dengan adanya kegiatan tersebut.

Mengingat saat ini kondisi perkenomian masyarakat kita semakin menurun dengan adanya pandemi ini, sehingga berbagai bentuk bantuan yang diberikan dari berbagai pihak sangat membantu masyarakat yang ada di Kabupaten Sorong.

Kami juga akan terus berkoordinasi dengan Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Sorong agar bagaimana pasien kita yang saat ini sedang dikarantina untuk mendapatkan asupan protein ikan tentu akan menambah imun (kekebalan tubuh) bagi si penderita, tandasnya.

Dengan adanya asupan gizi yang seimbang, kita harapkan pasien kita agar segera sembuh menjadi keinginan kita bersama.

Mudah-mudahan, dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama kita di Kabupaten Sorong bisa nihil penderitanya. Dan itu menjadi tujuan dan sasaran yang  kita inginkan, jelas Wabup Suka Harjono menambahkan. (kk/2020)