Aimas, sorongkab.go.id – Hari Amal Bhakti Kementerian Agama seyogianya  diperingati pada  3 Januari. Namun. Pada tanggal tersebut masih dinyatakan cuti bersama nasional, sehingga peuncak peringataknnya untuk di Kabupaten Sorong berlangsung di halaman Kantor Kemenag Aimas,  Selasa (7/01-2020), dimana dalam sambutan Menteri Agama RI, yang dibacakan Wabup Sorong Suka Harjono mengatakan dalam kurun 7 dekade perjalanan sejarah Kemenag telah membawa banyak perubahan.

Perubahan dan kemajuan yang dicapai Kementerian Agama  dalam spektrum tugas yang begitu luas, seperti dalam fungsi bimbingan masyarakat beragama, pelayanan nikah, pembinaan pengelolaan zakat dan wakaf serta dana sosial keagamaan lainnya.

Tugas lainnya, yakni  penyelenggaraan ibadah haji, pendidikan agama dan keagamaan di semua jenjang, penelitian dan perkembangan serta kediklatan, pembinaan kerukunan antar umat beragama, penyelenggaraan jaminan produk halal serta penguataan tata kelola manajemen dan organisasi, sesuai dengan agenda reformasi birokrasi.

Seiring dengan agenda reformasi birokrasi, restrukturisasi dan penyederhanaan birokrasi, semua orang dituntut untuk terus beradaptasi dengan tuntutan perubahan dan percepatan dan pelayanan public,  yang mengedepankan prinsip efisiensi, trasparansi dan akuntabilitas serta bebas dari KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme).

Sejalan dengan tema Hari Amal Bhakti Kementerian Agama tahun 2020 yakni, “Umat rukun, Indonesia maju”, Menteri Agama mengajak seluruh jajarannya, baik di pusat maupun yang ada di daerah, agar menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di Tanah Air.

Kerukunan antar umat beragama merupakan modal kita bersama untuk membangun negara dan menjaga integritas nasional.

Selanjutnya, pada kesempatan ini Menteri Agama  menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh mitra kerja Kementerian Agama, terutama DPR-RI dan DPD-RI, BPK, Kementerian/lembaga Pemerintah non Kementerian, para gubernur dan bupati/wali kota se-Indonesia.

Ucapan yang sama juga disampaikan kepada  Majelis-majelis agama, organisasi kemasyarakatan, lembaga dakwah, serta rekan-rekan media, atas dukungan dan kerjasamanya membantu kelancaran tugas dan program Kementerian Agama, terutama pula kepada seluruh aparatur Kementerian Agama, baik yang masih aktif maupun yang telah purna bhakti atas segala dedikasi dan pengabdiannya.

Pada kesempatan ini diserahkan pula penghargaan Satya Lencana Karya Satya 10, dan 20 tahun Kepada para pegawai Kementerian Agama Kabupaten Sorong. (kk/2020)