Aimas, sorongkab.go.id – Bupati Sorong Johny Kamuru membuka kegiatan uji kompetensi dan evaluasi kinerja Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (PPTP) di lingkungan kerjanya, berlangsung di UPT BKN kilometer 24 Aimas, Rabu (14/10-2020).

Dalam sambutan,  Bupati Sorong menyampaikan bahwa merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, maka dipandang perlu dilakukan uji kompetensi kepada para pimpinan tinggi pratama,  yang telah menduduki jabatan paling singkat selama dua tahun,  dan paling lama lima tahun.

“Tujuannya,  untuk mengetahui konsistensi dan kompetensi ASN yang menduduki jabatan eselon II.b, dan merupakan evaluasi dari pelaksanaan kinerjanya selama ini,” ujar Johny Kamuru.

Ada pun kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang pejabat,  meliputi kemampuan teknis, kemampuan manajerial, kemampuan sosial, dan kemampuan intelektual. Keempat kemampuan tersebut merupakan dasar yang wajib dimiliki seorang pejabat agar dapat dikatakan layak, dan pantas untuk menduduki jabatan pimpinan tinggi pratama.

Dari hasil uji kompetensi ini, akan dipetakan ulang pejabat yang benar-benar memahami Tupoksi pekerjaannya (The right man in the right place).

Oleh sebab itu, hasil uji kompetensi akan menunjukkan ASN yang siap menduduki jabatan (eselon II.b), sesuai dengan kompetensi dan bidangnya masing – masing.

Selaku pimpinan daerah, saya memberikan apresiasi kepada Badan Kepegawaian Negara Regional XIV Papua Barat, selaku  panitia pelaksana uji kompetensi, dan para panelis atas terselenggaranya kegiatan ini.

Perlu saya sampaikan bahwa Kabupaten Sorong merupakan daerah  yang pertama dan satu-satunya di Papua dan Papua Barat,  yang melakukan uji kompetensi dan evaluasi kinerja pejabat pimpinan tinggi pratama (eselon II.b).

Untuk itu, saya mengharapkan pelaksanaan ujian kompetensi dan evaluasi ini dapat terlaksana dengan baik. Dan bagi para peserta saya berpesan agar dapat mengikuti ujian ini dengan baik, tetap semangat, dan jadilah yang terbaik.

Dengan demikian,  diharapkan saudara – saudari yang mengikuti ujian kompetensi ini, nantinya mampu bekerja dengan hati, bekerja dengan dedikasi yang tinggi, dan loyalitas kepada pimpinan, sehingga dapat mewujudkan Kabupaten Sorong maju bersama rakyat cerdas, sehat dan sejahtera di tahun 2022.

Turut hadir,  Kakanreg BKN  XIV Papua Barat, Rektor Unimuda H. Rustamadji, Wakil Bupati Suka Harjono, Sekda Cliff Agus Japsenang, serta para pimpinan OPD yang mengikuti kegiatan tersebut. (Bag. Prokopim/rs/kk/2020)