Sorong, InfoPublik – Wakil Bupati Sorong Suka Hardjono, S.Sos, M.Si, meminta kepada seluruh pimpinan OPD  untuk ikut hadir pada kegiatan pra-Musrenbang  (musyawarah perencanaan pembangunan) Rencana Kerja Pemerintah 2020, terkait sinkronisasi  perencanaan antar OPD bisa saling bersinergi.

Demikian sambutan Wakil Bupati Sorong, saat membuka kegiatan pra-Musrenbang, yang berlangsung di aula Bapperlitbang, Rabu (27/3) di Aimas.

Memang pada kegiatan sebelumnya, Bapperlitbang Kabupaten Sorong menyelenggarakan Musrenbang tingkat distrik untuk menerima berbagai usulan dari berbagai kampung dan kelurahan yang ada di daerah ini.

Hal ini menjadi bahan bagi setiap OPD untuk memasukkan berbagai program kerja, sesuai apa yang telah diusulkan tersebut untuk disinkronisasikan dalam perencanaannya, jelas Suka Hardjono.

Perencanaan merupakan suatu aturan yang harus kita laksanakan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem  Perencanaan Pembangunan Nasional, yang harus dilaksanakan secara bertahap.

“Dari berbagai kegiatan  yang diusulkan jangan sampai terjadi tumpang tindih (overlap) yang dilaksanakan dalam program itu pada suatu wilayah yang ada,” katanya.

Hal lain yang patut kita ketahui bersama untuk meminimalisasikan. Seperti salah satu contohnya, seperti program CSR ( Corporate Social Responsibility) pada suatu perusahaan di daerah kita misalnya, dan itu yang patut kita hindari, sehingga tidak terjadi masalah di kemudian hari, jelas Wabup Suka Hardjono.

Seperti baru-baru ini, saya meresmikan sebuah sekolah yang dibangun oleh sebuah perusahaan melalui program CSR-nya, sehingga jangan terjadi ada program kegiatan yang sama juga dibangun dari Dinas Pendidikan dan Kabupaten Sorong, dan hal ini patut kita hindari, katanya.    (MC Kab. Sorong/rim/toeb)

Sumber: InfoPublik