Aimas, sorongkab.go.id– Wakil Bupati Sorong Suka Harjono bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan hari ulang tahun Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kelas A Sorong, Jum’at (28/02-2020).

Dalam sambutan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan,  yang dibacakan oleh Wakil Bupati Sorong Suka Harjono mengatakan bahwa hari ini adalah hari yang istimewa bagi kita semua, khusus bagi keluarga besar Basarnas.

Basarnas yang lahir pada  28 Februari 1972, dan pada hari ini genap berusia 48 tahun. Kita telah melalui berbagai dinamika dalam perkembangannya.

Eksistensi kita selama ini masih menjadi tumpuan dan harapan bagi masyarakat dalam penyelengggaraan operasi SAR, ujar Wabup Suka Harjono, mengutip sambutan Kepala Basarnas.

“Tugas utama Basarnas,  yaitu menyelenggarakan operasi pencarian, penyelamatan, pertolongan dan evakuasi pada kecelakaan penerbangan, pelayaran, kebencanaan pada tahap gawat darurat, serta kondisi membahayakan masyarakat Republik Indonesia,”tandasnya.

Di samping itu,  Wakil Bupati Sorong berharap kepada Basarnas di Hut ke-48 ini, khususnya Basarnas Sorong agar lebih maju dan professional dalam bidang.

Selain itu,  lebih mengutamakan misi  kemanusiaan dalam membantu daripada kondisi situasi yang mungkin tidak kita kehendaki bersama, yaitu bencana yang ada di wilayah Sorong Raya.

Kepada Kepala Basarnas Sorong agar betul-betul menguatkan iman, kekuatan dalam hal segala sesuatu yang berlandaskan pada iman keyakinan kita, karena ini adalah pekerjaan mulia (kemanusiaan).

Hadir dalam kegiatan ini Pimpinan Tinggi Madya, Pimpinan Pratama, Administrator, dan Pengawas, pejabat TNI- Polri, para Kepala Unit Pelaksana Teknis, Kantor Pencarian dan Pertolongan dan Balai Diklat serta seluruh pegawai di lingkungan Basarnas setempat.

Adapun tema yang diusung, yaitu “Hut Basarnas ke-48 profesional, sinergi, dan militant untuk Indonesia maju.”(kk/2020)