Peningkatan derajat kesehatan masyarakat merupakan salah satu hal penting yang perlu mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah daerah Kabupaten Sorong. Derajat kesehatan masyarakat dapat dilihat dari Umur Harapan Hidup (UHH). UHH Kabupaten Sorong terus mengalami peningkatan setiap tahun walaupun kenaikannya sangat kecil. Pada tahun 2021, UHH Kabupaten Sorong mencapai 66,39 tahun, meningkat dari 65,52 tahun pada tahun 2017.

    Ketersediaan sarana dan tenaga kesehatan serta kemudahan akses masyarakat menuju fasilitas kesehatan merupakan salah satu hal penting penunjang peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. Hingga tahun 2021, di Kabupaten Sorong telah tersedia satu rumah sakit, 20 puskesmas, enam poliklinik, 39 puskesmas pembantu, dan 13 Apotek.

    Tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten Sorong meliputi 10 orang dokter, 192 orang perawat, 134 orang bidan, 13 orang apoteker, dan sembilan orang ahli gizi. Jumlah tenaga kesehatan, khususnya dokter sangat minim jumlahnya. Jika dilihat rasio beban kerja, seorang dokter di Kabupaten Sorong harus melayani rata-rata 12.196 orang