Pada dasarnya sektor pariwisata juga memegang peranan penting dalam menunjang peningkatan perekonomian suatu daerah. Wilayah Kabupaten Sorong dinilai sangat potensial untuk pengembangan pariwisata, terutama wisata alam dan wisata bahari. Sektor pariwisata Kabupaten Sorong diduga bisa menjadi sektor andalan dimasa depan apabila dikelola oleh pemerintah daerah.

    Beberapa objek wisata potensial yang terdapat di Kabupaten Sorong antara lain Pantai Batu Lobang, Pantai Mailan dan Pulau Um di Distrik Makbon, dan Air Terjun Asbaken di Kampung Asbaken Distrik Sorong.

    Wisata Pantai Batu Lobang Wisata Pantai Batu Lobang memiliki panorama pasir putih dengan batu karang yang indah. Pantai Batu Lobang sering disebut sebagai Tanah Lot-nya Sorong, karena batu karang yang tersebar di pinggir pantainya. Yang menarik pada pantai ini adalah pada pinggirian pantai terdapat sebuah batu yang berlubang dan dapat dicapai dengan menggunakan perahu.

    Wisata Pantai Mailan Wisata Pantai Mailan mencakup tanjung dan pantai di Teluk Dore Distrik Makbon. Pantai ini memiliki panorama pasir dan pemandangan laut lepas Samudera Pasifik. Pantai ini selain sering dikunjungi oleh masyarakat Kabupaten Sorong, juga sering dikunjungi oleh masyarakat dari luar Kabupaten Sorong. Namun sayangnya, karena belum dikelola secara maksimal maka beberapa fasilitas yang terdapat di tempat wisata ini sudah terlihat sedikit mengalami kerusakan.

    Air Terjun Asbaken Air Terjun Asbaken terletak di Kampung Asbaken Distrik Makbon. Untuk menuju ke air terjun tersebut dibutuhkan perjalanan selama kurang lebih dua jam dengan menggunakan boat. Selama perjalanan menuju air terjun pengunjung akan disuguhi segarnya udara dari dalam hutan dan indahnya pemandangan laut.