Pembukaan Sidang Musyawarah Adat Suku Moi Kab. Sorong Tahun 2022

17 Sep 2022 admin

Bertempat di Aula Kantor Dewan Adat Kampung Osok Malatali, PJ Bupati Sorong Yan Piet Moso S.Sos.,M.M membuka Kegiatan Sidang Musyawarah Adat Suku Moi Kab. Sorong Tahun 2022.
Dalam sambutannya PJ Bupati menyampaikan bahwa kita ketahui disini juga hadir dari subsuku dewan adat dan puji Tuhan bahwa Tuhan menciptakan bumi ini begitu indah berdasarkan sub suku, oleh karena itu marilah kita selalu menjaga tanah Moi ini karena berbicara tanah kita berbicara tentang kehidupan dimana disaat ini Thema kita jelas bahwa Adat Inilah Undang undang Tuhan.
Selalu saya katakan bahwa orang Moi itu adalah mesias orang Israel dimana orang Moi itu memiliki kasih yang tulus yang dapat menembus dinding dan sekat-sekat dimana orang Moi selalu ada dimana-mana dan selalu menjadi tempat/tanah untuk Kebinekaan, sebagai pemerintah akan mengikuti adat dimana adat lebih dulu ada dari pada pemerintahan oleh karena itu marilah kita junjung tinggi adat yang ada.
Kita akan melaksanakan kegiatan HUT pekabaran Injil (tepatnya tanggal 27 oktober) masuk Ditanah Moi pada bulan Oktober oleh karena itu kita akan rayakan dengan kegiatan besar dan kegiatan tersebut tidak boleh keluar dari topik sejarah peradaban suku Moi.
Kita juga akan melaksanakan ibadah dan rekonsiliasi peradaban kebangkitan orang Moi oleh karen itu saya selalu katakan bahwa berbicara tanah Papua itu berbicara Injil dan seterusnya, dahulu nenek moyang kita bersusah payah untuk membangun tanah Papua ini sehingga tuntutan leluhur kita bahwa kita ahrus bersatu dalam takut akan tuhan.
Kepada dewan adat dalam 7 sub suku yang ada di Sorong raya bahwa apa yang menjadi batu sandungan kita selama ini harus kita singkirkan karena Pemerintah Daerah adalah teman kerjanya dewan adat (masyarakat adat), marilah kita terus memberikan kepercayaan kepada Pemerintah Daerah, Dewan Adat dan TNI Polri sehingga pembangunan diwilayah Kabupaten Sorong ini bisa maju dan berkembang.
Saya berharap agar dalam musyawarah Dewan adat ini bisa menghasilkan hal-hal yang baik (program kerja yang baik) sedikit tetapi dapat dikerjakan semua sehingga bisa dirasakan oleh masyarakat secara luas.
Saya minta agar Dewan adat yang ada ditingkat distrik dan kampung harus bekerja dan terus melaksanakan komunikasi dan koordinasi untuk selalu melaksanakan program kerja yang nantinya disimpulkan dalam musyawarah ini, marilah kita bersatu sehingga kita dapat berhasil menuju kesuksesan.
Saya akan memberikan sedikit bantuan dana untuk transportasi kepada panitia dll, dan semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.
Adapun agenda yang dibahas dalam musyawarah ini yaitu sebagai berikut :
- Tapal batas Masing-masing Adat
- Administrasi Adat
- Pembayaran Maskawin Adat
- Pembayaran permasalahan/penyelesaian menyangkut dengan Adat
- Program kerja Lembaga Adat.
Kegiatan ini merupakan program kerja tahun 2020 yang tertunda dikarenakan situasi Pandemi Covid-19 sehingga ditahun 2022 Dewan Adat Moi baru dapat menyelenggarakannnya.
Hadir dalam kegiatan ini AKBP Iwan.P. Manurung, S.I.K (Kapolres Sorong), Demianus Osok (Ketua Dewan Adat Suku Moi Kab Sorong), Yohanes Bisi (Wakil Ketua 1 Dewan Adat Suku Moi Kab Sorong), Korneles Usili (Wakil Ketua II Dewan Adat Suku Moi/Ketua LMA Kab Sorong), Grj. Yohan Klaibin, S.E ( Seketaris Dewan Adat Suku Moi Kab Sorong), Para ketua-ketua Adat dari Masing-masing Kampung, Para pengurus Dewan Adat Suku Moi, Masyarakat Dewan adat Suku Moi Kab Sorong.(BY)