HUT Pekabaran Injil di Tanah Malamoi ke-95

20 Feb 2023 admin

 
Hari ini tanggal 27 Oktober 2022, tepatnya memasuki usia yang ke-95 Tahun Pekabaran Injil masuk ditanah Malamoi. Ibadah pengucapan Syukur dilaksanakan di Lapangan Moyo Klasaman, Kilometer 13 Kota Sorong.
 
Dalam sambutannya beliau menyampaikan Syukur bagimu Tuhan kau berikan tanah kami Malamoi. Barang siapa yg menyebut tanah MOI, dia menyebut Injil/iman/kasih dan persaudaraan. Tanah Papua, Tanah Malamoi, Tanah Tehit , Tanah Maybrat, peradaban dan sejarah tidak boleh dipisahkan karena Tuhan mengutus orang Maluku untuk menjadi penginjil untuk kita orang-orang Papua, oleh karena itu kita harus bersyukur karena mereka telah membuka tirai peradaban bagi kita.
Terima kasih anggota jemaat eklesia yang telah menjadi tuan rumah HUT Pekabaran Injil ditanah Malamoi yang ke 95 Tahun.
 
Atas nama Pemda saya mengucapkan dan memberi apresiasi serta mendukung penuh HUT PI yang ke 95 tahun. Karena 95 tahun sudah, dan makna yang sangat penting adalah orang MOI yang dulu dan kini harus bersatu untuk selama-lamanya, karena Injil itu hadir untuk mendamaikan. Secara pribadi saya selaku Pj Bupati Sorong bangga karena perempuan MOI menjadi ketua panitia penyelenggara HUT PI. Saya berharap HUT PI Ke-96 jangan lagi dikota Sorong tetapi dilaksanakan di kab Sorong.
Kegiatan PI ke 96 jangan tiba waktu tiba akar dan harus dilakukan dengan baik, karena kegiatan ini bersifat keagamaan harus menjadi prioritas yang harus kita dukung bersama.
 
Atas nama Pemda dan orang MOI kami menyampaikan terima kasih banyak yang tulus kepada keluarga besar Balthazar Wolkh Wagunu yang telah membawa Injil ke Tanah MOI, dan juga kepada sesepuh-sesepuh orang Maluku, doa kami Tuhan memberkati anak cucu di tanah Papua ini. Terima kasih untuk orang orang Moi, bersatu kita teguh. Tuhan berkati kita semua. Disamping itu Sesepuh dari Suku MOI Karel Gifelem yang juga sebagai Plt.Sekda Kota Sorong menyampaikan, Ketika Tuhan menciptakan bumi ini, Tuhan telah menempatkan orang MOI diTanah ini, Tuhan telah menempatkan Mesbah ini untuk Suku Moi,masing-masing Suku ditanah ini Tuhan telah menempatkannya.
Beliau menjelaskan bahwa Injil datang bukan hanya untuk 1 gereja tetapi untuk semua gereja. Beliau mengusul untuk Tahun depan semua logo dan Panji Panji Gereja harus ditaruh dipanggung. Kita harus membuktikan bahwa Injil datang bukan hanya untuk 1 gereja tetapi untuk semua gereja.
 
Perayaan HUT Pi ke 95 tahun Injil ditanah MOI menggugah kita semua khususnya orang MOI, orang MOI Harus merubah kelakuan, harus menjadi orang baik, orang MOI harus bangkit dan semangat, orang Moi harus menata hidupnya dengan baik. Ini persiapan orang MOI menuju 1 abad, 100 Tahun Injil masuk di malamoi yang akan datang ditahun 2027. Orang Moi harus bekerja mulai dari sekarang, harus ada kesatuan kerja sama dari semua element orang Moi.
 
Hadir dalam kegiatan ini Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan pembangunan, PJ Bupati Sorong, PJ.Walikota Sorong George Yarangga, Ketua DPRD Kab Sorong,Ketua Pj PKK Kab Sorong, Kepala Dinas Kominfo Kab Sorong, Kepala Dinas Sosial Kab Sorong, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Kepala Dinas PTSPL, Kepala Kesbangpol Kab Sorong, Badan Pekerja Klasis Sorong, badan pekerja Klasis re tengah, badan pekerja Klasis GKI Malamoi, pelaksana harian jemaat dan 3 Klasis(Sorong, Raja Ampat Tengah, Klasis Malamoi), anggota DPRD Papua barat, anggota,pimpinan anggota DPRD kab dan kota Sorong, panitia penyelenggara kegiatan HUT Pi, Ketua Sinode Ditanah Papua, PHMJ seluruh Jemaat GKI Eklesia Klasaman, FKUB Kab Sorong, Ketua Dewan Adat dan 7 Sub suku Malamoi, sesepuh suku besar Moi dan masyarakat.
 
Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan yang saat itu mewakili Gubernur Provinsi Papua Barat menyampaikan, Pekabaran Injil merupakan tanggung jawab kita yaitu Pemerintah, Gereja, Swasta, Adat dan element Masyarakat. Injil harus nampak dalam Gereja dan juga masyarakat. Teruslah bekerja dengan hati bagi Tuhan, sehingga Tanah MOI mengalami damai sejahtera. Saya berharap agar tanah moi tetap dan terus menjadi teladan dalam sikap toleran dan tidak terjebak dalam fanatisme yang berlebihan sehingga apa yang menjadi tujuan kita dapat terwujud. Mari bersama sama bergandeng tangan dengan pemerintah dalam pembangunan di Papua barat. Selamat Hut PI ke 95 Tahun. Tuhan memberkati kita semua.
 
Hadir dalam kegiatan ini Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan pembangunan, PJ Bupati Sorong, PJ.Walikota Sorong George Yarangga, Ketua DPRD Kab Sorong,Ketua Pj PKK Kab Sorong, Kepala Dinas Kominfo Kab Sorong, Kepala Dinas Sosial Kab Sorong, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Kepala Dinas PTSPL, Kepala Kesbangpol Kab Sorong, Badan Pekerja Klasis Sorong, badan pekerja Klasis re tengah, badan pekerja Klasis GKI Malamoi, pelaksana harian jemaat dan 3 Klasis(Sorong, Raja Ampat Tengah, Klasis Malamoi), anggota DPRD Papua barat, anggota,pimpinan anggota DPRD kab dan kota Sorong, panitia penyelenggara kegiatan HUT Pi, Ketua Sinode Ditanah Papua, PHMJ seluruh Jemaat GKI Eklesia Klasaman, FKUB Kab Sorong, Ketua Dewan Adat dan 7 Sub suku Malamoi, sesepuh suku besar Moi dan masyarakat.(BY)