Biar Hitam Begini, Biar Keriting Begini, Kamu Adalah Manusia-Manusia Cerdas, Hikmat Dan Bijaksana

16 Oct 2022 admin

Bertempat di Rumah Singgah Yayasan Lembah Kladuk Papua, Pj Bupati Sorong Yan Piet Moso S.Sos.,M.M memberikan materi sekaligus menutup kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Bagi Generasi Muda Moi Papua, yang diadakan selama 3 hari.15/10/2022
Dalam arahannya PJ Bupati menyampaikan, saya selaku PJ Bupati merasa bangga karena kita berada ditengah-tengah anak-anak emas Papua. Karena hari ini kalian dibentuk untuk disiapkan untuk investasi untuk masa depan, yang dibentuk, bimbing hari ini, harus yakin karena kalian adalah pemimpin masa depan.
Saya berharap diusia usia yang produktif, dari usia 15 tahun keatas harus menjadi pemimpin yang
hebat
 
.
Pemimpin-pemimpin Papua, pemimpin Dunia yang
hebat
 
itu tidak ada yang terjadi secara kebetulan, itu tejadi karena beberapa faktor yaitu :
1. Kharismatik bawaan dari orang tua/dari Gen
Keluarga.
2. Menjadi pemimpin karena dibentuk dibina/
didik.
3. Dan ketiga yaitu menjadi pemimpin
karena kedua faktor tersebut.
Pastikan bahwa kalian pasti bisa. Menjadi pemimpin itu kita sendiri yang menentukan.
Pemimpin itu bukan soal kepintaran dan akademi, tetapi juga masalah moral dan sikap. Pemimpin
hebat
 
itu harus ada kontribusi, baik kontribusi bagi masyarakat, dan juga daerah.
Saya berharap kegiatan hari ini menjadikan kalian untuk terus mengembangkan potensi diri dan kembangkan hal-hal lain.
Semoga dari tempat ini akan muncul Bapak Malak, Bapak Jhony Kamuru, Bapak Zeth Kadakolo, dan sederetan nama-nama lainnya yang merupakan embrio dari suku MOI, dan tingkat kepemimpinan di wariskan oleh orang MOI memasuki babak baru dalam menemukan kepemimpinan baru. Dan ini harus terus menjadi berkesinambungan.
Jadi suku MOI adalah suku yang sangat luar biasa. Dan oleh karena itu kalian harus bersyukur dalam mengikuti kegiatan ini. Setelah mengikuti kegiatan ini, kalian harus belajar diruang terbuka, karena tidak hanya belajar didalam ruangan saja.
"Manfaatkan ruang ini, kesempatan ini sebaik mungkin. Karena Manusia
hebat
 
, pemimpin
hebat
 
itu harus diciptakan. Pemimpin itu harus berintegritas, karena kebanyakan saat latihan lain main lain " tegas beliau.
Karena integritas itu berbicara soal pribadi seorang pemimpin, kejujuran, dan etika. Saya ada disini selaku PJ Bupati akan menjabat selama 2 tahun, dan saya akan mengukir sejarah kembali bahwa apa yang BapakJ.P Wanane buat untuk orang MOI akan saya lanjutkan.
Saya berharap dari Yayasan Lembah Kladuk Papua (YLKP ) dan juga Staf Ahli Bupati kalau bisa kita buat program, kita persiapkan generasi MOI sedini mungkin, untuk orang MOI, dan untuk suku MOI.
Menjadi pemimpin harus bisa memotivasi tim, bisa memotivasi bawahan, mendorong agar lebih semangat, karena menjadi pemimpin, dengan perkataan pemimpin itu adalah doa. Biar hitam begini, biar kriting begini kamu adalah manusia cerdas, hikmat dan bijaksana.
Orang MOI itu mempunyai kasih yang tulus, karena kasih ini yang membuat kalian mempunyai kemuliaan, dan menjadi pemimpin-pemimpin
hebat
 
. Tidak ada orang yang
hebat
 
, orang yang
hebat
 
itu adalah orang yang mempunyai kemauan.
Tetap jaga solidaritas dan tetap jaga identitas orang MOI.
Semoga pertemuan ini menjadi manfaat dan menjadikan spirit lebih buat adek-adek sekalian, dan kalian harus pastikan bahwa kalian semua pasti bisa. Tuhan memberkati kita semua diatas tanah MOI.(BY)