Workshop Kepala Kampung dan Sekolah Transformasi Sosial

03 Oct 2022 admin

Bertempat di Gedung Balai Kampung Segun, Distrik Segun, Staff Ahli Bupati Bidang SDM, Dr. Wa Ode Likewati M.M membuka kegiatan Workshop Kepala Kampung dan Sekolah Transformasi Sosial.03/10/2022
Dalam sambutannya beliau memberikan apresiasi kepada kepala-kepala kampung, Bamuskam serta kader kampung yang tersebar di 3 Distrik di kab Sorong.
Kegiatan ini dilaksanakan selama 7 hari, dari tanggal 3 hingga 9 Oktober. Dan ini merupakan rangkaian kegiatan yang juga melibatkan pemangku kepentingan dan juga kader -kader kampung.
Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini akan terjadi suatu inspirasi dan pemahaman kepala kampung, aparat dan kader-kader dalam mengelola sumber daya kehidupan yang ada dikampung.
Ditempat ini tentunya saja menjadi awal yang baik dalam belajar bersama dalam menimba ilmu. Tentu saja sangat membanggakan dengan komitmen dan keterlibatan aparat kampung dalam kegiatan ini.
Kegiatan pelatihan ini tentunya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kebutuhan masyarakat di kampung untuk sebagaimana terlihat lebih dekat sumber-sumber ekonomi berbasis komoditi lokal yang bisa dikembangkan.
Setiap kampung tentunya saja memiliki komoditi potensial, dan jika komoditi tidak dikelola dengan baik maka tidak akan terlihat hasil yang signifikan. Dan tentunya jika komoditinya dikelola dengan baik maka akan bermanfaat bagi kampung.
Saya berharap agar kepala kampung dan perangkat yang hadir dalam kegiatan ini benar-benar mengotimalkan waktu dan ilmu yang diberikan untuk seluruh kepentingan dan kesejahteraan masyarakat kampung, hal ini disampaikan karena aparat kampung merupakan perpanjangan tangan dari pemerintah daerah.
Semoga ilmu yang didapat dari kegiatan ini dapat diajarkan kembali kepada masyarakat lainnya dikampung, agar dapat dipraktekkan oleh kelompok-kelompok masyarakat kecil dikampung, dan juga diharapkan kegiatan ini membawa banyak manfaat dan keberkahan bagi kehidupan serta kebaikan bagi kita semua.
F.X Adi Saputra selaku pimpinan Yayasan Econusa menyampaikan, kami Econusa telah melaksanakan kerja sama bersama dengan Pemerintah Daerah baik di Level Kabupaten, Provinsi, dan Nasional.
Untuk kantor kami tersebar di beberapa wilayah, dan untuk Kantor Pusat nya kami berada di Jakarta.
Kalau melihat raport, wilayah segun menjadi kali ke-3 kami lakukan workshop kepala kampung dan sekolah transpolansi sosial.
Sebelumnya kami telah melakukan di Distrik Klaiyi ditahun 2009, dan tahun ini kami buat di 2 tempat yaitu Distrik Konhir dan Distrik Segun.
Kami melihat wilayah-wilayah yang enkonsesi sehingga kami lakukan di 2 tempat ini, eksosensi kelapa sawit.
Berangkat dari ijin perusahaan kelapa sawit dicabut beberapa waktu lalu, kami berpikir apa yang akan dilakukan masyarakat setelah itu, karena tanah nya subur dan komoditinya ada, dan itu yang kita akan kembangkan melalui kearifan lokal.
Kehadiran kami disini adalah bersama-sama belajar, mencari solusi, dengan bagaimana caranya menanam yang baik, hasilnya bagus dan hasilnya bisa dijual kepasar serta kepengusaha-pengusaha lainnya.
Kami juga sdah mulai mengintervensi untuk melakukan kegiatan pemetaan, membantu memfasilitasi masyarakat adat dalam pemetaan wilayah Adat, dan disitu juga kami berencana untuk membantu komoditi hasil lautnya.
Kami tidak bisa jalan sendiri dan kami juga butuh dukungan dari Pemerintah Daerah untuk bagaimana apa yang di lakukan masyarakat kita bisa mensuport dan memberikan ilmu yang kita tau.
Semuanya tidak akan mudah, karena semua butuh perjuangan, niat dan saya pikir semua berproses akan membawa hasil yang baik.
Saya yakin dan percaya bahwa jika materi ini diikuti dengan baik, dan ketika kembali ke kampung pasti ada perubahan.
Hadir dalam kegiatan ini Kepala Distrik Seigun, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Perempuan, dan para Kepala Kampung, pihak Yayasan Econusa sebagai inisiator, serta warga masyarakat.(BY)