">

Peran Masyarakat dalam mengelola sampah

18 Oct 2022 admin

Bertempat di Aquarius Hotel, Asisten III Kab Sorong Kepas Kalasuat S.Pd.,M.Pd membuka kegiatan Sosialisasi Peningkatan Peran Serta Masyarakat Dalam Pengelolaan Persampahan di Distrik Aimas Kab Sorong.16/10/2022
Dalam sambutannya beliau menyampaikan
Pada kesempatan ini saya berterimakasih pada bapak ibu sekalian yang bisa hadir pada kegiatan ini, semoga kegiatan ini membawa keberkahan bagi kita semua.
Bumi dan segala isinya adalah ciptaan Tuhan yang maha kuasa, kemudian diberikan nya tanggung jawab kepada manusia untuk mengelolanya, maka untuk menjaga dan merawat bumi menjadi kewajiban kita bersama, sehingga lingkungan ini menjadi lingkungan yang berkualitas.
Karena sampah merupakan sesuatu yang tidak asing lagi bagi kita, baik itu sampah yang dihasilkan dari kegiatan rumah tangga maupun sampah dari olahan industri.
Kepedulian Pemerintah Daerah khususunya memotivasi masyarakat untuk semakin baik dalam pengelolaan sampah, didukung amanat undang-undang nomor 18 Tahun 2018 tentang pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga sebagai pedoman pengelolaan sampah secara terintegrasi telah dikeluarkan peraturan presiden nomor 97 Tahun 2017 tentang kebijakan dan strategi nasional.
Dengan adanya sosialisasi peningkatan peran serta masyarakat dalam pengelolaan sampah maka yang menjadi poin penting adalah masing-masing
Melalui kegiatan ini diharapkan mampu membangkitkan optimisme masyarakat dengan peningkatan kesadaran dan bekerja sama mengelola sampah untuk hidup bersih, sehat serta bernilai mewujudkan kab Sorong yang bersih dan sehat, tetapi lebih dari itu, mari kita membudidayakan hidup bersih yang dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan terdekat.
Kita mulai menyadari akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, dimulai dari rumah kita dan lingkungan tempat tinggal kita serta membuang sampah dan mengelolah sampah dengan baik.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Agustinus Assem S.H.,M.Si menyampaikan, adapun tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk mengurangi sampah dari sumbernya, dengan mendorong partisipasi masyarakat melalui perubahan perilaku dan menjadikan sampah sebagai sumber ekonomi yang terdiri dari :
1. Pembatasan timbulnya sampah
2. Pemanfaatan sampah hingga bernilai
ekonomis.
Untuk para peserta yang hadir kurang lebih berjumlah 50 peserta dari kelurahan yang ada di Distrik Aimas, dan kegiatan ini akan dilaksanakan di 3 Distrik, yaitu :
1. Distrik Aimas pada tanggal 17 Oktober
2022.
2. Distrik Mariat pada tanggal 20 Oktober
2022.
3. Distrik Makbon pada tanggal 24 Oktober
2022.
Saya berharap bagi yang mengikuti kegiatan ini kiranya dapat mengikutinya sampai selesai, sehingga bisa dapat mensosialisasikannya kembali kepada masyarakat.
Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Distrik Aimas, Babinsa Diwilayah Distrik Aimas, para Lurah, serta para peserta yang RT/RW yang ada di wilayah Kelurahan dan Distrik Aimas.(BY)